Sudah Miliki Sertifikat IG, Al Haris: Kopi Merangin tak Bisa Lagi Diklaim Daerah Lain


Pariwarajambi.com, Merangin- Kopi Robusta Merangin sekarang telah memiliki Sertifikat Indikasi Geografis (IG) Sumatera-Merangin. Sertifikat IG ini diterbitkan Kemenkumham RI dengan nomor registrasi IDG 000000100 tanggal, 10 Desember 2020.

Bupati Merangin, Al Haris mengatakan dengan sudah adanya IG tersebut kopi robusta Merangin akan terhindar dari klaim daerah lain.

‘’Dengan sudah terbitnya IG tersebut, Kopi Robusta Merangin akan terhindar dari klaim-klaim dari pihak lainnya. Kemanapun kopi kita dibawa, harus mengatasnamakan Kopi Robusta Merangin,’’ kata Al Haris, Rabu (19/05/2021).

Al Haris menjelaskan sertifikat IG tersebut sebagai wujud diberikanya hak Indikasi Geografis (IG) kepada Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Masurai Sei Tenang ‘Jangkat’ (MS’J’).
Pemberian Sertifikat IG Kopi Robusta Sumatera-Merangin itu lanjut Bupati, sejalan dengan amanat Undang Undang nomor 20 tahun 2016, tentang Merek dan Indikasi Geografis jo. Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 2007, tentang Indikasi Geografis.

‘’Untuk kualitas Kopi Robusta Merangin tidak perlu diragukan lagi. Pada ajang Speciality Coffee Association of Indonesia (SCAI) Expo 2018 di Bali dan SCAI 2019 di Bandung, Kopi Robusta Merangin sebagai pemenangnya,’’ terang Bupati.

Citra rasa Kopi Robusta Merangin terang bupati lagi, tidak ada duanya. Citarasa Kopi Robusta Merangin tidak dimiliki robusta dari daerah lainnya. Luas tanaman kopi di Merangin mencapai 11.066 hektare, tersebar di tiga kecamatan, Jangkat, Lembah Masurai dan Jangkat Timur.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Merangin Ibrahim menambahkan, dokumen Sertifikat IG Kopi Robusta Sumatera-Merangin itu rencananya akan diserahkan ke pihak MPIG-MS’J’ pada Kamis (20/05/2021).

‘’Penyerahan dokumen Sertifikat IG itu, akan berlangsung di Gedung Serbaguna Desa Muara Madras Kecamatan Jangkat, dihadiri tiga camat, Jangkat, Jangkat Timur dan Camat Lembah Masurai,’’ ujar Ibrahim.

Acara juga dihadiri para kepala desa (Kades) dari tiga kecamatan. Sebanyak 11 Kades dari Kecamatan Jangkat, sebanyak 15 Kades dari Kecamatan Lembah Masurai dan sebanyak 14 Kades dari Kecamatan Jangkat Timur serta 37 kelompok tani di tiga kecamatan tersebut. (Pjcom)