Dua Kali Batal Berangkat, Alhamdulillah Belum Ada Calon Jamaah Haji Merangin Narik Setoran


Pariwarajambi.com, Merangin- Pasca pemerintah mengumumkan pembatalan penyelenggaraan haji yang kedua kalinya akibat pandemi Covid-19, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Merangin menyebutkan belum ada calon jamaah asal Merangin menarik kembali setoran dana hajinya.

"Sejak diumumkan pembatalan, jamaah Merangin belum ada yang menarik setoran, baik itu setoran lunas maupun setoran awal," ungkap Marwan Hasan Kepala Kantor Kemenag Merangin.

Marwan Hasan menyebutkan calon jamaah haji asal Merangin cukup memahami kondisi dan situasi terkait kebijakan pembatalan keberangkatan jamaah haji ke Mekkah.

"Kita sudah menyampaikan informasi (Kebijakan pembatalan keberangkatan haji) ini melalui media, media sosial, grup-grup WA memberikan penjelasan kebijakan pemerintah," ujarnya.

"Alhamdulillah masyarakat bisa menerima dan melihat kondisi ini, lebih tentram lagi ketika Arab Saudi sudah mengeluarkan kebijakan tahun ini tidak ada penyelenggaran haji untuk jamaah yang datang dari luar Arab Saudi. Masyarakat bisa menerima kondisi dan kebijakan yang telah diambil oleh penerintah," jelas Marwan Hasan lagi.

Sementara itu beberapa waktu lalu Marwan Hasan menyebutkan ada 340 an calon jamaah haji Merangin yang sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji.

"Itu kuota yang seharusnya berangkat 2020 lalu, sudah pelunasan," sebutnya.

Informasi batalnya berangkat pada musim haji tahun 2021 ini, disebut Marwan Hasan sudah disampaikan kepada calon jamaah.

"Kemnaren kita sudan konferensi pers Pak Kanwil, kemudian surat pak menteri juga sudah disampaikan melalui KUA, penyuluh dan kelompok-kelpok bimbingan haji," ujar Marwan Hasan.(Pjcom)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas