Membeludak, RSD Bangko Kewelahan Urus Pasien Covid-19

Pasien Covid-19 membludak di RSD Kolonel Abundjani Bangko

Pariwarajambi.com, Merangin- Pasien terjangkit Covid-19 membludak masuk RSD Kolonel Abundjani Bangko dalam tiga hari terakhir. Semuanya harus menjalani perawatan dengan bantuan oksigen karena mengalami sesak nafas.

Direktur RSD Kolonel Abundjani Bangko, Berman Saragih mengungkapkan pihaknya cukup kawelahan menangani pasien covid-19 yang jumlahnya cukup banyak dan semuanya mesti harus mendapat penanganan medis.

"Tiga hari ini luar biasa lonjakan pasien Covid masuk rumah sakit. Kita dibuat Kewelahan menangani lonjakan pasien," ungkap Berman Saragih, Sabtu (10/07/2021).

Berman menceritakan ruang IGD RSD Kolonel Abundjani sempat over kafasitas karena pasien Covid dengan gejala sesak nafas dan harus diberi oksigen.

"Di IGD kemaren sempat diisi 24 pasien, sementara idealnya IGD berkafasitas 14 pasien," sebutnya.

"Hari ini kita mulai bisa tangani karena sudah pindah ke ruang isolasi. 55 pasien Covid saat ini dirawat di RSD Kolonel Abundjani," ujar Berman lagi.

Tingginya lonjakan pasien Covid-19 dengan gejala sesak nafas, juga membuat persediaan oksigen di rumah sakit plat merah tersebut menipis.

"Biasanya 365 tabung itu untuk kebutuhan sebulan, saat ini jumlah itu hanya untuk tiga hari. Tadi pagi pukul 6 masuk 80 tabung dan siang pukul 14 itu tabung oksigen sudah terpakai 40 tabung, jika terus terjadi lonjakan malam ini bisa kosong. Tapi kita terus berupaya mencari ketersedian stok oksigen supaya tidak kosong di rumah sakit," sebut Berman.(Pjcom)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas