Dorong Kopi Robusta Merangin Jadi Komoditi Ekspor

Rakor Organisasi Perangkat Daerah dalam pengembangan Kopi Robusta Merangin

Pariwarajambi.com, Merangin- Kopi Robusta  Merangin yang telah memiliki sertifikat Indikasi Geografis (IG) terus didorong menjadi salah satu komoditi ekspor unggulan daerah.

Pj Sekda Merangin, Muktamar Hamdi pada rapat koordinasi (rakor) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam pengembangan Kopi Robusta tersebut di pola utama Kantor Bupati mengatakan hal tersebut, Rabu (14/07/2021).

‘’Setelah IG kopi robusta Sumatera-Merangin ini kita miliki, orientasi kita jadi sampai ke ekspor,’’ ujar Pj Sekda.

Disamping akan memenuhi kebutuhan kopi nasional lanjut Pj Sekda, Kopi Robusta Merangin juga akan diekspor memenuhi permintaan sejumlah negara. Diakui Muktamar Hamdi, permintaan negara-negara terhadap Kopi Robusta Jangkat itu sudah cukup lama.

‘’Jadi berdasarkan informasi dari Pak Bupati kita waktu itu Al Haris, Merangin belum bisa melakukan ekspor kopinya karena Kopi Robusta Merangin belum memiliki sertifikat IG kopi, tapi sekarang kita sudah punya itu,’’ terang Pj Sekda.

Pada rakor mendorong pengembangan Kopi Robusta Merangin yang diikuti para pimpinan OPD terkait tersebut, menghadirkan narasumber Turhadi Nurohman kepala Balai Karantina Pertanian kelas 1 Provinsi Jambi.

Turhadi Nurohman pada materinya memaparkan upaya-upaya yang akan dilakukan, agar Kopi Robusta Merangin yang sempat diklaim milik daerah lain, bisa menembus pasar kopi nasional dan internasional. (*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas