Lebaran Haji Suana Berbeda, Mashuri: Kita Tetap Harus Bersyukur

Idul Adha dimasa pandemi covid-19, Mashuri mengajak agar senantiasa tetap bersyukur

Pariwarajambi.com, Merangin - Pelaksanaan ibadah Idul Adha 1442 Hijriah di Kabupaten Merangin berlangsung khidmat. Lantunan takbir, tahmid dan tahlil menggema di masjid-masjid, pesantren-pesantren dan mushola-mushola, sejak tenggelamnya matahari, Senin (19/7) hingga Selasa (20/07/2021).

Plt Bupati Merangin Mashuri bersama Forkopimda dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin, melakukan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Makmur.

Pada kesempatan itu, Mashuri mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa bersyukur, meski Idul Adha atau juga sering disebut lebaran haji tahun ini suasana berbeda karena pandemi covid-19.

‘’Jadi meskipun jemaah haji Indonesia, khususnya Merangin tidak bisa menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah pada musim haji 1442 H ini dikarenakan pandemic Covid-19, kita tetap harus bersyukur,’’ ujar Mashuri.

"Semoga semua selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT untuk bisa menjalankan ibadah haji dimasa yang akan datang. Tahun ini Pemerintah Saudi menutup ibadah haji untuk negara luar, mudah-mudahan tahun depan dibuka," tambah Mashuri lagi.

Mashuri juga terus mengajak agar seluruh jemaah dan masyarakat Kabupaten Merangin untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, baik dalam beribadah maupun dalam aktivitas sehari-hari.

"Mari kita selalu disiplin protokol kesehatan," sebutnya.

Untuk pelaksanaan kurban, Mashuri meminta dalam memotong hewan hendaknya melibatkan panitia kurban yang telah divaksin Covid-19 dan daging kurban hewan didistribusikan panitia langsung ke rumah-rumah warga.

‘’Kalau daging kurban itu diantar langsung kepada penerimanya, akan terhidar dari kerumunan masa di lokasi pemotongan hewan kurban. Ini penting guna memutus matarantai Covid-19," ujarnya.

Usai Sholat Idul Adha, Mashuri dan rombongan memantau pelaksanaan pemotongan hewan kurban di sejumlah tempat.

Menariknya dari hasil pantauan Plt Bupati disaat masyarakat tidak bisa pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekah, jumlah pemotongan hewan Qurban di Kabupten Merangin terpantau meningkat dari tahun sebelumnya.(*) 

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas