GP Ansor Merangin Sarankan Pemkab Membeli Alat PCR, Muhlisin: Walau Mahal, tapi Nyawa Masyarakat Lebih Mahal

Pariwarajambi.com - Gerakan Pemuda Ansor Merangin mendesak Pemkab Merangin untuk berani beli mesin atau alat polymerase chain reaction (PCR) sendiri.

Ketua GP Ansor Merangin, Muhlisin mengatakan alat swan penting sekali dalam hal kecepatan dan efektifitas penanganan pandemi Covid-19 di Merangin.

Dia menilai tanpa alat PCR sendiri, penanganan Covid-19 sulit terukur dengan baik. Pasien yang aktif dari test antigen bercampur, dan harus menunggu kepastian yang lama.

"Mana yang benar-benar positif dan tidak, tidak ada yang tahu. Nunggu hasil swab, lama," sebutnya.

"Termasuk isolasi pasien. Siapa yang akan diisolasi? Masa orang yang belum pasti covid diisolasi. Hanya berdasarkan dari hasil test antigen. Solusinya ya itu, harus ada alat PCR sendiri," tambahnya lagi, Sabtu (07/08/2021).

Adanya alat PCR milik sendiri, lanjut Muhlisin juga penting mengukur seberapa tinggi sebenarnya kasus corona di Merangin. Tanpa alat PCR sendiri, jadinya angka kasus meledak, penanganan pasien penuh ketidakpastian.

"Ini juga penting sebagai ukuran kinerja daerah menangani covid-19. Pemkab mungkin sudah bekerja keras, tapi tanpa alat ukur yang jelas dan akurat, angka riilnya pasti tidak akurat," ujarnya.

GP Ansor Merangin minta pemkab tidak ragu berinvestasi membeli alat PCR sendiri. "Walau mahal, tapi nyawa masyarakat lebih mahal," sebutnya.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas