History, Mashuri dari Guru SMP Hingga Dilantik Muridnya Jadi Bupati Merangin

Mashuri Bupati Merangin

Pariwarajambi.com - Mashuri kini resmi mejabat sebagai Bupati Merangin sisa masa jabatan 2018-2023 setelah dilantik Gubernur Jambi, Al Haris di ruang Pola I Kantor Bupati Merangin, Sabtu (28/08/2021) siang.

Al Haris dan Mashuri punya history yang cukup panjang tidak hanya berpasangan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Merangin dilantik 2018 lalu.

Sebelumnya Mashuri juga pernah dilantik Al Haris sebagai Sekretaris Koperindag, lalu Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan dan Staf Ahli Bupati pada priode pertama Al Haris jadi Bupati Merangin.

Sejarah pertemuan Al Haris dengan Mashuri tidak hanya soal jabatan dan pasangan politik, tapi puluhan tahun yang lalu Mashuri adalah guru Al Haris saat di SMA DB.

Ya, Al Haris adalah murid Mashuri saat Gubernur Jambi itu di SMA Dharma Bakti  lalu.

Al Haris mengaku merasa terharu saat melantik gurunya jadi Bupati Merangin, ia berharap Mashuri dapat melanjutkan program Merangin Mantap.

"Saya terharu sekali karena dengan beliau sama-sama dipilih rakyat Merangin, kita berjanji dengan rakyat salalu bersama membangun Merangin sampai 2023, karena saya diberi amanah jadi gubernur, saya harap beliau meneruskan program yang ada dan beliau didukung pejabat Merangin," kata Al Haris.

Sementara itu, Mashuri juga merasa terharu dan bangga melihat Al Haris anak didiknya dulu kini memimpin Provinsi Jambi.

"Kebanggaan bagi saya seorang guru, kebanggaan yang luar biasa jika anak didiknya berhasil," kata Mashuri usai pelantikan.

Waktu lalu, pada saat serah terima jabatan Bupati Merangin di aula Rumah Dinas Bupati Merangin, 10 Juli 2021 lalu. Mashuri yang menerima estafet ke pemimpinan dari Al Haris juga mengaku merasa haru dan bangga, karena melihat Al Haris anak didiknya kini menjadi Gubernur Jambi.

‘’Gubernur Jambi kita sekarang ini merupakan anak didik saya ketika di SMA dulu. Beliau memang dikenal ulet dan cekatan selama menjadi anak didik saya sampai menjadi atasan saya,’’ ujar Mashuri.

Tersirat kebahagian yang luar biasa dirasakan Mashuri dan ia mengatakan hati seorang guru akan sangat senang dan bahagia sekali jika anak didiknya berhasil.
Namun Al Haris disebutnya tetaplah sosok yang rendah hati dan sangat pandai menempatkan dirinya dimanapun berada.

Kini sang guru dan murid sama-sama memimpin wilayah, walau dari dulu sang murid selalu menjadi orang yang melantik sang murid.

PROFILE Mashuri S.Pd, MM

Lahir: 07 September 1958, (63 Tahun) Klaten, Jawa Tengah
Kebangsaan: Indonesia
Istri : Hj. Nurhaida
Anak : Redhi Kaunang A.S, Rency Ayu Mahfudza (Almh), Rezha Mashuri A.S, SE-M Jamil Priska
Almamater  : STKIP YPM Bangko -Universitas Putra Indonesia
Pofesi: Birokrat

RIWAYAT PENDIDIKAN

Mashuri memulai pendidikannya di tanah kelahirannya di Klaten, Jawa Tengah, mulai dari Bangko SD, SMP hingga SMA.

Ayah dari Redhi Kaunang A.S, Rency Ayu Mahfudza (Almh), Rezha Mashuri A.S, SE dan M Jamil Priska A.S ini memulai pendidikan di SD Negeri No.207 Klaten, lulus tahun 1969. Lalu melanjutkan ke SMP Muhammad I Prambanan, D.I Yogyakarta lulus tahun 1973. Hingga tahun 1976, lulus SMA Negeri 2 Klaten Jawa Tengah.

Mashuri yang hijrah dari kampung halamannya kemudian melanjutkan pendidikannya di STKIP YPM Bangko, berhasil diwisuda 1998. Lalu melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Putra Indonesia berhasil lulus pada 2010.

KARIR

Mashuri mengawali karier Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 1979, sebagai guru di SLTP Negeri I Bangko, kemudian diangkat menjadi Guru SMA Negeri I Bangko dan menjadi Pengawas Sekolah Muda pada 2001.

Lalu pada 2008, Mashuri dilantik menjadi Pengawas untuk pendidikan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kabupaten Merangin hingha ia dipercaya sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri I Bangko.

Dibirokrasi pemerintah Kabupaten Merangin, Mashuri pernah mejabat Kepala Bagian Organisasi, Sekretaris Koperindag, lalu Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan dan Staf Ahli Bupati hingga pensiun.

Tidak berakhir situ, Mashuri yang sudah pensiun dari PNS dipinang Al Haris untuk mendampinginnya di Pilkada Merangin 2018 dan terpilih menjadi pasangan Bupati dan Waki Bupati Merangin periode 2018-2023.

Al Haris yang terpilih menjadi Gubernur Jambi, membuat posisi Mashuri yang semula jadi Wakil Bupati Merangin otomatis menjadi Bupati Merangin, hingga ia kini resmi menjadi Bupati Merangin definitif sisa masa jabatan 2018-2023.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas