Mashuri Laporkan Penanganan Covid-19 di Merangin, Gubernur: Tolong Pak Bupati Serapan Anggaran Dipercepat

Plt Bupati Merangin Mashuri laporakan penanganan Covid-19 ke Gubernur Jambi Al Haris

Pariwarajambi.com - Pelaksana tugas Bupati Merangin, Mashuri bersama pimpinan Forkopimda melaporkan kondisi penanganan dan pencegahan Covid-19 ke Gubernur Jambi, Al Haris, Rabu (11/08/2021).

Melalui rapat koordinasi secara virtual itu, Mashuri menyebutkan Pemkab Merangin bersama Forkopimda telah menindaklanjuti dan memperkuat Intruksi Menteri Dalam Negeri nomor 31 tahun 2021 tentang PPKM level 4.

‘’Kami telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) dan intruksi kepada masyarakat Nomor 326 tanggal 10 Agustrus 2021, guna memperkuat Intruksi Mendagri tersebut,’’ kata Mashuri.

Untuk pemberlakuan PPKM level 4 di Merangin, disebut Mashuri telah membentuk tim Satgas penertibanyang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan seluruh kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD).

‘’Koordiansi kita semakin kuat dengan PKKM Level 4 ini Pak Gubernur. Semoga langkah cepat yang telah kami lakukan bersama ini, Insya Allah bisa menurunkan angka pasien Covid-19 di Kabupaten Merangin,’’ ujarnya.

Pemkab Merangin, disebut Mashuri juga telah mengambil langkah memusatkan para warga yang sebelumnya melakukan Isolasi mandiri (Isoman) di rumahnya masing-masing.

‘’Kami sudah mulai menjemput Isoman dari rumahnya untuk dibawa ke lokasi Isoman Pemkab Merangin di Hotel Permata. Ada 28 kamar, dimana satu kamarnya ada yang dua bad dan tiga bad, jadi bisa menampung sekitar 75 orang,’’ sebut Plt Bupati.

Tempat Isoman lainnya ada di rumah sehat Dinsos Merangin dan khusus untuk Nakes yang terpapar Covid-19, sudah disediakan tempat isolasi di sebuah rumah dekat Kantor PLN Merangin.

Di lokasi isolasi yang sudah ditentukan itu terang Plt Bupati, sudah disediakan Nakesnya, oksigen, juru masak, Sekuriti dan semua  kebutuhan Isoman selama menjalani isolasi, agar lebih nyaman dan cepat sehat.

Untuk Vaksinasi Covid-19 dilaporkan Plt Bupati ke Gubernur, pertanggal 10 Agustus 2021, sudah ada peningkatan 2.000 orang, dengan angka keseluruhan untuk dosis satu sebanyak 48.845 orang dan sosis dua sebanyak 20.147 orang.

‘’Kita terus melakukan Vaksin Covid-19 tak kenal lelah, walaupun pada hari Minggu sekalipun. Sabtu (07/8), kita buka vaksinasi di Pasar Rakyat, warga sangat antusias. Alhamdulillah warga sudah menyadari pentingnya vaksin,’’ terang Mashuri.

Untuk saat ini lanjut Plt Bupati, beberapa Puskesmas di Merangin sudah mulai kehabisan stok Vaksin Covid-19. Tapi sudah ada penambahan stok Vaksin di Dinkes sebanyak 3.000 vaksin, segera kita distribusikan.

‘’Pemkab Merangin juga akan menerima bantuan sebanyak 500 VCR dan 4.000 masker dari Kapolda Jambi. Nanti begitu bantuan itu kami terima akan langsung didistribusikan,’’ jelas Mashuri.

Menanggapi laporan Plt Bupati tersebut, Gubernur Jambi Al Haris merasa bersyukur atas gerak cepat yang dilakukan Mashuri dan Forkopimda Merangin menindaklanjuti Intruksi Mendagri Nomor 31 tahun 2021 itu.

‘’Tolong Pak Bupati, untuk serapan anggaran penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dipercepat. Bersinergilah yang baik dengan Forkopimda, terkait penggunaan anggaran tersebut. Semoga Kabupaten Merangin cepat bersih dari Covid-19,’’ kata Al Haris.(*)