Tempati Rumah Dinas Bupati Mashuri Disambut Acara Adat, Ini Maknanya

Mashuri disambut acara adat di rumah dinas Bupati Merangin

Pariwarajambi.com - Bupati Merangin, Mashuri mulai hari ini, Minggu (29/08/2021) menempati rumah dinas Bupati Merangin. Mashuri dan istri disambut acara adat bumi Tali Undang Tambang Teliti oleh lembaga adat Melayu Merangin.

Ketua Lembaga Adat Melayu Merangin melalui Fajarman selaku Sekretaris mengatakan prosesi adat tersebut dalam rangka menempati Rumah Dinas usai dilantik Gubernur Jambi.

"Sesuai adat istiadat di Bumi Tali Undang Tambang Teliti, bahwa setiap bupati yang dilantik dalam menempati rumah dinas dilakukan prosesi adat," katanya.

Adipati Mudo Cendekio Putro Dilago itu mengatakan bahwa prosesi adat itu memiliki makna berupa restu dan harapan kepada bupati dalam menjalankan amanahnya.

"Maknanya adalah restu dari seluruh masyarakat Kabupaten Merangin kepada bupati untuk dapat mendiami rumah dinas dan melaksanakan amanah yang diberikan kepada beliau serta mengayomi seluruh masyarakat," sebutnya.

Sementara itu Mashuri, Bupati Merangin menyampaikan terimakasih atas izin dari pemangku adat di Kabupaten Merangin dalam menempati rumah dinas tersebut. 

Mashuri mengharapkan agar tua tengganai bersama masyarakat memberikan dukungan penuh kepadanya dalam membangun Bumi Tali Undang Tambang Teliti. 

Mashuri mengatakan meski dengan waktu yang tersisa bahwa prosesi naik rumah dinas itu wajib dilakukan dan tidak boleh dilanggar. 

"Walaupun sisa waktu satu tahun, setengah tahun pun itu tetap dilakukan dan tidak boleh dilanggar," ujarnya. 

Mashuri mengajak masyarakat Merangin ikut turut serta dalam melestarikan budaya yang merupakan warisan para leluhur.

Prosesi adat tersebut diawali dari penyambutan dengan tarian sekapur sirih, memakan sirih hingga makan yang dihidangkan tuan rumah.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas