Tidak Ada Perlombaan "17 Agustusan", Pak Eko: Upacara Peringatan HUT RI Dipercepat

Masih pandemi Covid tidak ada perlombaan 17 Agustusan yang difasilitasi Pemkab Merangin


Pariwarajambi.com
- Peringatan HUT RI yang biasanya diidentik dengan perlombaan 17 Agustusan, 2021 ini tidak diselenggarakan pemerintah daerah, pandemi Covid-19 menjadi penyebabnya.

Kabag Kesra Setda Merangin, Eko Saputra mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 RI tahun 2021 hanya upacara peringatan hari kemerdekaan dan menyaksikan detik-detik proklamasi secara virtual.

"Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia hanya upacara, tidak ada kegiatan perlombaan yang difasilitasi pemerintah," katanya, Rabu (04/08/2021).

"Karena masih pandemi Covid-19 jadi tidak ada perlombaan, itu bisa menimbulkan kerumunan," tambahnya lagi.

Upacara peringatan HUT RI dikatakan Eko waktunya dipercepat dari biasanya. Upacara akan dilaksanakan di depan Kantor Bupati Merangin pada pukul 07.00 WIB.

"Biasanya kan pukul 09.00 WIB. Tapi kita nanti pukul 07.00 sudah mulai upacara peringatan HUT RI. Setelah upacara di halaman kantor Bupati, Forkopimda dan pejabat Merangin menyaksikan detik-detik proklamasi pukul 09.00 WIB dari istana Negara secara virtual,"  ujarnya. 

Eko juga menyebutkan formasi pengibar bendera juga tidak penuh seperti biasanya dan sesuai dengan intruksi Gubernur.

"Formasi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pakai formasi 17 dan 8. Tidak pakai formasi 45, karena situs pandemi covid-19," ujarnya. 

Pasukan itu dikatakannya merupakan hasil perekrutan baru yang dilakukan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga serta pelatihnya. 

"Sedangkan biasanya TNI Polri yang mendapatkan porsi dalam pengibaran itu nanti bertugas hanya sebagai pasukan," sebut Eko.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas