Atlet Taekwondo Asal Merangin Ini Wakili Jambi di PON Papua 2021

Muhammad Wijaya Hamzah


Pariwarajambi.com - Rasa bangga menyelimuti keluarga besar pengurus taekwondo Merangin, pasalnya salah seorang binaannya terpilih mewakili Provinsi Jambi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Seperti diposting akun Facebook Peng TI Kab Merangin, Minggu 19 Septermber 2021 yang menuliskan rasa bangga, semangat dan dukungan pada salah satu atlet binaanya yang terpilih mewakili Jambi di PON Papua. Postingan ini banyak dibagikan dan direspon Pengurus Taekwondo Indonesia Kabupaten Merangin.

Lantas siapakah atlet taekwondo asal Merangin yang terpilih mewakili Jambi di PON XX Papua 2021.

Muhammad Wijaya Hamzah namanya. Pria 18 tahun ini adalah putra ini putra pasangan Maulana (Almarhum) dan Nurhayalis. Putra Desa Kungkai, Kecamatan Bangko ini merupakan atlet taekwondo dengan segudang prestasi.

Doni Fadilla, Ketua Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia Merangin mengatakan terpilihnya Muhammad Wijaya Hamzah tentunya kabar yang sangat membanggakan.

"Ini juga sebagai bentuk kekuatan keyakinan pengurus Taekwondo Kabupaten Merangin yang berupaya keras di tengah kesulitan dan  lesunya olah raga di Merangin," kata Doni Fadilla mengawali ceritanya.

Doni mengatakan perjuangan Muhammad Wijaya Hamzah tentu ini tidaklah mudah, karena ditempa ditengah minimnya fasilitas dan perhatian.

"Namun taekwondo Merangin terus mencari dan membimbing calon atlet untuk bisa menggapai impianya bertarung di event-evenat nasional. Alhamdulillah satu putra Merangin bertanding di PON," ujarnya.

Berdirinya Muhammad Wijaya Hamzah diantara atlet berprestasi nasional di PON XX Papua 2021 ini tidaklah instan. Ia sudah melalui proses panjang dan mengikuti seleksi yang diikuti seluruh atlet-atlet terbaik dari Kabupaten/kota di Provinsi Jambi, dan mengikuti prakualifikasi PON di Tanggerang, Banten 2019 lalu.

"Di Tanggerang, Banten itulah Muhammad Wijaya Hamzah berhasil meraih tiket PON. Hanzah turun dk kelas under 54 putra," sebut Doni Bangga.

Doni Fadilla juga mengatakan Muhammad Wijaya Hamzah merupakan atlet berbakat, pria kelahiran Kungkai 25 Maret 2003 itu sudah mengikuti berbagai event.

Event-event yang diikuti Muhammad Wijaya Hamzah.

1. Kejuaraan nasional junior Jakarta 2018 (Mendali perak)

2. PRAkualifikasi PON Tangerang Banten 2019(mendali perunggu tiket PON)

3. Kejuaraan nasional pelajar Semarang 2019(mendali perunggu)

4. Berbagai Kejuaraan taekwondo di Merangin

"Kami yakin "Negeri" ini suatu hari akan paham hasil yang baik bukan berasal dari sesuatu yang instan ... pelatih.. pengurus..pemerintah..dan atlit harus saling terikat satu sama lain demi mencapai cita-cita," sebut Doni Fadilla.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas