Detik-detik Fenomena Hujan Es di Jangkat Merangin, Rusak Sejumlah Rumah dan Ini Kesaksian Warga

Fenomena hujan es di Jangkat Merangin akibatkan sejumlah rumah warga rusak parah

Pariwarajambi.com - Fenomena hujan es di Dusun Danau Pauh, Simpang Mutiara,  Melingkung, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Rabu (15/09/2021) siang sangat mengejutkan warga.

Hujan es disertai angin kencang tersebut membuat sejumlah rumah warga rusak ringan hingga parah. Kerusakan paling banyak bagian atap rumah, bahkan ada rumah yang ambruk atau rusak parah.

Syamsul Akiar Camat Jangkat yang juga warga Desa Pulau Tengah mengatakan kejadian itu sekitar pukul 14.00 WIB, hujan es yang berbentuk bongkahan itu berlangsung sekitar satu jam.

"Terjadinya sekitar pukul dua siang. Besarnya beda-beda, yang jelas bongkah bongkah," katanya, Kamis (16/09/2021).

Syamsul Akiar memperkirakan belasan rumah mengalami kerusakan akibat fenomena hujan es disertai angin kencang tersebut.

"Pagi ini kami akan melakukan pendataan, kemaren karena hujan. Bisa jadi lebih dari 10 rumah yang rusak," ujarnya.

Hal yang mengejutkan kata Syamsul Akiar fenomena hujan es kali ini lebih besar dan dahsyat dari yang pernah warga Jangkat dan sekitarnya alami.

"Hujan es ini pernah terjadi sebelumnya, kalau dulu kita sebut hujan manik, bongkahannya kecil-kecil, tapi kemaren ini bongkahannya besar-besar," katanya.

Syamsul Akiar mencerikatan sebelum kejadian dari pagi cuaca cukup cerah, namun mulai sekita pukul 13.00 WIB siang cuaca mendung pekat hingga terjadi hujan es berbentuk bongkahan disertai angin kencang sekira pukul 14.00 WIB.

"Pagi cuaca cerah, siang mulai jam 1 mulai mendung dan hujan es berbentuk bongkahan besar disertai angin kencang menyebabkan rumah warga rusak, bahkan ada yang roboh," sebutnya.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas