Ini Dugaan Asal Api dan Kerugian Kebakaran Puluhan Kios di Pasar Bawah Bangko

Kebakaran hanguskan puluhan kios di depan Bank Jambi Pasar Bawah Bangko

Pariwarajambi.com - Amukan si jago merah depan Bank Jambi cabang Bangko di Pasar Bawah Bangko, Kabupaten Merangin, mengakibatkan puluhan kios hangus terbakar, Rabu (01/09/2021) dini hari tadi.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian kebakaran yang diperkirakan mulai terjadi pukul 04.00 lewat itu, namun kerugian diperkirakan diatas Rp 1 Miliar.

Belum diketahui pasti awal mula asal api  penyebab terjadinya kebakaran, namun diperkirakan kebakaran disebabkan arus pendek listrik atau korsleting listrik.

"Api pertama kali tanpak dari deretan tengah ruko," kata warga setempat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Merangin, Abdul Lazik mengatakan dugaan sementara api yang bakar puluhan kios tersebut berasal dari arus pendek listrik.

"Infomasi dari warga disini, api pertama kali dilihat dari deretan ruko yang berada di tengah. Dugaan api berasal dari arus pendek listrik," kata Abdul Lazik dan diamini Camat Bangko.

Abdul Lazik memperkirakan jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut diatas Rp 1 Miliar, karena yang terbakar tidak hanya kios tapi juga seluruh barang dagangan.

"Kios ini semuanya ada pedagangnya, kita lihat hampir tidak ada barang yang dapat diselamatkan pemiliknya, perkiraan kerugian diatas Rp 1 Miliar, nanti kita lakukan pendataan," sebut Lazik lagi.

Sementara itu Bupati Merangin, Mashuri juga sudah turun ke lokasi kejadian. Mashuri mengatakan turut prihatin dengan musibah yang menimpa puluhan pedagang yang berjualan di tempat tersebut.

Dia mengatakan akan segera mencari solusi bagi pedagang yang kiosnya terbakar tersebut.

"Pemilik kios akan kito relokasi, kita cari bagaimana solusi yang terbaik. Kita bersama-sama pihak bank untuk meminjami modal untuk membantu korban," sebut Mashuri lagi.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas