Fajarman Buka Diklat Pemadam I, Ini Empat Pesan Pentingnya

Sekda Merangin Fajarman buka Diklat Pemadam I

Pariwarajambi.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Merangin, Fajarman buka Diklat Pemadam I Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di ruang pola I Kantor Bupati Merangin, Selasa (05/10/2021).

Pada 120 pasukan pantang pulang sebelum padam itu, Fajarman mengharapkan agar semangat mengikuti Diklat untuk meningkatkan kafasitas personil pemadam dan penyelamatan.

Fajarman menegaksan empat pesan pada 120 personil Damkar dan Penyelamatan yang mengikuti Diklat. Pertama jadikan Diklat tersebut sebagai tolak ukur dan evaluasi kemampuan.

"Diklat ini tolak ukur dan evaluasi diharapkan untuk mengikuti ini dengan baik, karena ini ditekankan menjaga keselamatan anda dan orang lain," katanya.

Kedua Fajarman menegaskan agar dilakukan pelatihan khusus pada sopir yang membawa mobil pemadam kebakaran.

"Kedua pelatihan khusus untuk sopir pemadam kebakaran, instruktur beri latihan itu. Sopir Damkar itu harus ada keterampilan khusus, tidak sama dengan sopir lainnya, ini butuh kecepatan tinggi untuk sampai ke tujuan dan tidak menimbulkan masalah yang lain saat di jalan," ujar.

Selanjutnya, Fajarman mengharapkan Dinas Damkar dan Penyelamatan Merangin untuk menjalin koordinasi dengan pemadam kebakaran Kabupaten Bungo, Tebo dan Sarolangun.

"Perlu koordinasi dengan kabupaten tetangga, Bungo, Tebo, Sarolangun, dan kabupaten terdekar, sehingga kita bisa saling membantu kalau terjadi kebakaran," katanya.

"Lalu yang belum vaksin segera lakukan vaksin, jangan boleh mengikuti Diklat bagi yang belum divaksin," sebut Fajarman.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Abdul Lazik mengatakan sebanyak 120 anggota mengikuti Diklat yang dilaksanakan 05 hingga 07 Oktober 2021.

"Diklat mulai tanggal 5 sampai 7, Selasa sampai Kamis, jumlah anggota yang ikut 120 orang. Hari pertama mengikuti materi teori di aula kantor Bupati, lalu hari kedua dan ketiga Diklat di lapangan KONI Langling. Untuk instruktur pelatih didatangkan dari Jakarta," sebut Lazik.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas