Di Sini Pedagang Korban Kebakaran Kios Pasar Bawah Bangko akan Direlokasi

Pedagang korban kios terbakar akan direlokasi ke deretan samping Pospol Pasar Bawah Bangko

Pariwarajambi.com - Pedagang yang menjadi korban kebakaran kios Pasar Bawah atau tepatnya depan Bank Jambi cabang Bangko, awal September lalu, segera direlokasi.

Kabarnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin dan pedagang sudah menyepakati tempat untuk para korban kebakaran tersebut untuk berjualan.

Sekda Merangin, Fajarman dikonfirmasi terkait itu mengatakan Pemkab Merangin punya opsi merelokasi pedagang ke deretan depan Masjid Raya, atau tepatnya deretan dekat Pos Polisi Pasar Bawah.

"Kita akan tempatkan di deretan dekat Pospol. Disitu lokasinya srategis dan ramai dilintasi orang, disitu juga dilalui mobil dari arah Jambi ke Kerinci," kata Fajarman, Rabu (06/10/2021).

"Kalau lokasi sebelumnya itu RTH (Ruang terbuka hijau), disitu akan ditata. Disitu juga sudah dibangun sarana olahraga, lokasi itu (eks kios terbakar) akan dijadikan lokasi  parkir, saat inikan belum ada lokasi parkir," tambahnya.

Lokasi baru pedagang di dekat Pospol, disebut Fajarman akan ditata dengan baik dan rapi, bentuk kiosnya juga akan diseragamkan.

"Lokasi itu kita desain jangan kumuh, tertata dengan rapi, ada keseragaman bentuk, didesain leter U yang tengahnya untuk jualan yang kecil-kecil," ujarnya.

"Nanti polanya sewa lahan, bangunannya mereka buat sendiri tapi desain kita yang buat agar seragam, atau mereka cari pihak ketiga yang mau membangun kios untuk mereka," sebut Fajarman lagi.

Terkait lokasi relokasi pedagang di deretan Pospol Pasar Bawah Bangko, juga dibenarkan Sekretaris Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian, Amir Tamsil.

Dia mengatakan Senin lalu diadakan rapat bersama OPD terkait dan sepakat pedagang ditempatkan di antara Pospol dengan Kantor BRI.

"Ya maren disepakati sebelah Pospol itu, untuk desainnya kemaren PUPR yang menerangkan," sebut Amir Tamsil.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas