Peringati HSN 2021, Bupati Beri Bantuan Ikan Konsumsi ke Ponpes

Penyerahan ikan konsumsi pada Ponpes

Pariwarajambi.com - Pemerintah Kabupaten Merangin peringati hari santri nasional (HSN) 2021 di depan kantor Bupati Merangin, Jumat (22/10/2021).

Upacara yang dipimpin Bupati Merangin, Mashuri ini dihadiri pimpinan Forkopimda, kepala OPD dan santri dari berbagai Pondok Pesantren (Ponpes) di Merangin. Seluruh peserta upacara hadir memakai sarung.

Bupati Merangin membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengucapkan Selamat Hari Santri 2021. "Ayo ikuti yek-yel Santi Sraga Jiwa Raga," ujar Bupati memotivasi para santri Merangin.

Hari santri nasional 2021 dengan tema ‘Santi Sraga Jiwa Raga’ jelas bupati adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan lndonesia dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa lanjut Bupati, berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil'alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia.

Tema Santri Siaga Jiwa Raga itu sangat penting dan relevan di pandemi Covid-19. Kaum santri tidak boleh lengah menjaga protokol kesehatan 5M+1D (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas, dan Doa).

"Kita buka pelayanan vaksinasi Covid-19 di acara ini. Nanti setelah upacara, para santri harus divaksin. Kita juga bagikan ikan konsumsi untuk pesantren-pesantren," terang Bupati.

Usai acara tersebut, Bupati Mashuri didampingi Plt Kepala Dinas Perikanan, M Damai  juga memberikan bantuan ikan konsumsi pada Ponpes.

"Ini bantuan ikan konsumsi untuk Ponpes dalam rangka pemulihan ekonomi dan meningkatkan konsumsi ikan bagi santri," kaya Damai.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas