Resmikan Asrama Ponpes di Tabir, Al Haris Dorong Ponpes Berbasis Life Skill

Gubernur Jambi, Al Haris resmikan Asrama Ponpes di Tabir

Pariwarajambi.com - Gubernur Jambi, Al Haris meresmikan asrama santri datuk AZA dan pondok datuk Zainul Abidin Ponpes Ma'had Futuhud Mu'arif Al Aziziyah (FMA) di Kelurahan Mampun, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin, Senin (11/10/2021).

Bupati Merangin, Mashuri dan pimpinan forum komunikasi daerah tanpak hadir dalam kunjungan Gubernur Jambi ke Merangin kali ini.

Al Haris pada kesempatan itu mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) sangat mengapresiasi banyaknya Ponpes di tengah masyarakat.

"Ini tentu mendekatkan pendidikan ketengah masyarakat, pondok sudah ada di dusun-dusun kito, tidak mesti jauh lagi menuntut ilmu seperti dulu, jadi tidak ada alasan lagi anak-anak tidak bisa mondok," kata Al Haris.

Gubernur Jambi ini mengatakan mulai 2022, Pemprov akan memberikan bantuan Ponpes untuk mendukung program pengembangan kemampuan santri.

"Ponpes dengan program berbasis life skill, tujuannya santri tidak hanya dibekali ilmu agama, tapi juga keterampilan untuk bekerja. Tahun 2022 mulai kita bantu Rp 100 juta perponpes dan Dinas ketenaga kerjaan Kabupaten/Kota langsung melakukan pembinaan terhadap santri," jelasnya.

"Selain itu juga ada program untuk membantu biaya operasional Ponpes seperti dana BOS. Ada juga program untuk menyekolahkan anak miskin, jadi anak benar-benar tidak mampu kita bantu sekolahnya," tambahnya lagi.

Sementara itu pimpinan Ponpes Ma'had Futuhud Mu'arif Al Aziziyah, Tengku Idham Khalid mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur dan Bupati Merangin di Ponpes yang dipimpinnya.

Dia berharap Pemprov Jambi dan Pemkab Merangin dapat membantu pengembangan Ponpes.

"Selamat datang di pondok kami yang sederhana ini. Ponpes kami masih banyak keterbatasan, terima kasih kami kepada. Ponpes kami masih banyak kekurangan, kami harap bantuan dari pemerintah provinsi Jambi dan Kabupaten Merangin," katanya.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas