Baru Pulang dari Turki: Warga Merangin Bantah Terpapar Omicron

Ilustrasi varian virus corona

Pariwarajambi.com - Tujuh warga Merangin dikabarkan sedang menjalani karantina di Jakarta, diduga tujuh warga Merangin ini terpapar virus micron usai pulang dari Turki.

Kabar itu dibantah oleh warga yang baru pulang dari Turki tersebut. Isra Miharti salah seorang yang baru pulang dari Turki mengatakan sejak Sabtu (8/01/2022) malam lalu, rombongannya sudah berada di Merangin.

"Alhamdulillah tidak ada yang terpapar. Kalau terpapar Omicron tidak mungkin kami diizinkan pulang, karena sesampai di bandara Jakarta dari Turki kami semua di PCR dan hasilnya negatif," kata Isra Miharta dihubungi, Rabu (12/01/2022).

Baca juga: Dikabarkan Terpapar Omicron, Tujuh Warga Merangin Dikarantina di Jakarta

Icha sapaan akrab Isra Miharta mengatakan  dirinya beserta rombongan juga sudah menjalani karantina di Jakarta selama satu Minggu sebelum pulang ke Merangin.

"Prosedurnya seperti itu, setiap yang pulang dari luar negeri wajib menjalani karantina dan kami sudah menjalani karantina sebelum ke Merangin," ujarnya.

"Kalau kami terpapar Omicron, sudah pasti kami terdeteksi saat PCR di bandara dan kami dipisahkan untuk dikarantina di Wisma Atlet. Hasil PCR kami negatif dan juga kami sudah menjalani karantina sesuai aturan pemerintah sebelum kami semua pulang ke Merangin," jelas Icha lagi.

Baca juga: Jam Gento Angker Sering Terdengar Suara-suara Aneh: Diskominfo Gelar Yasinan

Kabar ada warga Merangin baru pulang dari Turki dan menjalani karantina di Jakarta dikatakan Kominfo Merangin, hal itu dikatakan Komandan Kodim 0420 Sarko, Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, pada rapat pencapaian vaksinasi Covid-19 yang dipimpin Sekda Merangin Fajarman di Aula Bappeda Merangin, Rabu (12/01/2022).

Dirinya juga tidak menyebutkan jika ada warga Merangin yang terpapar, disebutnya warga Merangin harus tetap menjaga protokol kesehatan. 

"Untuk itu kita harus terus waspada. Kebanyakan warga yang terpapar omicron ini memang orang yang baru pulang dari luar negeri. Tetap jaga protokol kesehatan dan waspada terhadap keluar masuknya warga ke Merangin," ujar Dandim 0420 Sarko.

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas