Festival Batanghari di RTH, BAJA: Bukti Nyata Keberhasilan Haris-Sani Melestarikan Kekayaan Budaya Jambi

FESTIVAL Batanghari yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Jambi 05 sampai 08 Juli 2024 menjadi pusat perhatian masyarakat Jambi. Ini juga diiringi dengan pujian dari masyarakat terhadap kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Al Haris dan Abdullah Sani (Haris-Sani) dinilai sukses menyelenggarakan festival yang menggugah semangat kebersamaan dan melestarikan budaya lokal.

Festival yang berlangsung selama empat hari ini dipenuhi dengan berbagai aktivitas yang menampilkan kekayaan budaya Jambi. Mulai dari tari tradisional, musik etnik, hingga pameran kerajinan tangan dan kuliner khas Jambi, semuanya tersaji dengan penuh warna. Ribuan pengunjung hadir, menikmati setiap momen yang dihadirkan oleh para seniman dan pelaku budaya lokal.

Barisan Anak Muda Jambi (BAJA), adalah sekumpulan anak muda yang merasa puas dengan kinerja dan progres dari gubernur jambi saat ini, mereka juga menjadi tim milenial terdepan bagi Al Haris untuk maju kembali pada Pilkasa 2024. Mereka tidak hanya ikut serta dalam berbagai kegiatan, tetapi juga mengapresiasi dan mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan budaya melalui festival ini.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Festival Budaya di RTH adalah wujud nyata dari kepemimpinan yang peduli terhadap pelestarian budaya lokal,” ujar Koordinator I BAJA, Habib.

BAJA aktif berinteraksi dengan pengunjung, mengadakan sesi diskusi singkat, dan bahkan melakukan survei untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap festival ini. Dari hasil survei yang mereka lakukan, mayoritas pengunjung menyampaikan apresiasi mereka terhadap kepemimpinan Haris-Sani.

“Kepemimpinan Haris-Sani telah memberikan warna baru bagi Jambi. Festival ini adalah bukti nyata dari komitmen mereka dalam melestarikan budaya,” ujar salah satu pengunjung, Ardi (32).

Tidak hanya masyarakat lokal, wisatawan dari luar daerah pun turut memberikan pujian. Maria, seorang mahasiswa dari sumatera barat, mengaku terkesan dengan acara yang diselenggarakan. “Festival ini sangat mengesankan. Saya bisa melihat langsung kekayaan budaya Jambi yang sangat beragam. Kepemimpinan Haris-Sani patut diacungi jempol,” katanya.

Dengan semangat kebersamaan yang tinggi dan dukungan penuh dari masyarakat, Festival Budaya di RTH berhasil menjadi ajang yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memperkuat identitas budaya Jambi. Kepemimpinan Haris-Sani yang dinilai berhasil menggelar acara ini mendapat apresiasi luas dari berbagai kalangan.

Festival Budaya di RTH diharapkan dapat menjadi agenda tahunan yang terus ditingkatkan kualitasnya. “Kami berharap festival ini bisa menjadi ikon budaya Jambi yang dikenal luas, menarik wisatawan, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal,” pungkas Satrio Koordinator II BAJA.

Dengan dukungan dan partisipasi aktif dari Barisan Anak Muda Jambi serta masyarakat luas, Festival Budaya di RTH menjadi bukti nyata keberhasilan kepemimpinan Haris-Sani dalam melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya Jambi.(*)

Komentar