Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Bisa Obati Jerawat hingga Cegah Komedo!

                                                               LintangLarissya
Ilustrasi daun sirih

Daun sirih berasal dari tanaman sirih yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih kerap kali digunakan sebagai obat herbal sejak dulu kala. Penggunaan daun sirih dapat dikonsumsi dengan dikunyah secara langsung atau diseduh seperti teh. Memiliki segudang khasiat untuk tubuh, manfaat daun sirih juga dapat digunakan untuk kecantikan kulit wajah, lho!

Upaya untuk memelihara kulit wajah lebih sehat salah satunya rutin menggunakan skincare, tapi pernahkah kamu menggunakan skincare alami dari daun sirih? Tak main-main, melalui daun sirih banyak manfaat yang dapat diambil dan digunakan sebagai salah stau perawatan untuk wajah.

Penasaran apa saja kegunaan istimewa daun sirih? Berikut ini, Klikdokter dan Nose.co.id telah merangkum empat Manfaat daun sirih untuk wajah dan kecantikan. Bisa obati jerawat hingga cegah komedo!

1. Atasi Masalah Jerawat

Daun sirih memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Sifat tersebut terbukti ampuh atasi jerawat pada wajah, punggung, dan dada.

Kandungan minyak esensial dalam daun sirih juga dipercaya mampu membantu dinginkan kulit dan menenangkan jerawat yang meradang.

2. Pudarkan Flek Hitam

Daun sirih kaya akan kandungan senyawa, kandungan tersebut dapat membantu memudarkan warna kulit yang tidak merata karena sinar ultraviolet, memudarkan bekas jerawat, dan memudarkan flek hitam pada wajah.

3. Bantu Kecilkan Pori-pori

Apabila kamu salah staunya yang punya masalah kulit wajah berpori-pori besar, coba gunakan daun sirih untuk mengatasinya.

Pori-pori tidak bisa dihilangkan, tapi dapat disamarkan. Senyawa Antiseptik yang dimiliki daun sirih mampu kecilkan pori-pori di kulit.

4. Cegah Komedo

Khasiat daun sirih juga dapat dirasakan untuk menghilangkan dan mencegah komedo di wajah. Daun sirih merupakan solusi alami dalam mencegah munculnya komedo tanpa harus pemencetan melalui tangan.

Cara Penggunaan Daun Sirih untuk Kecantikan

Agar dapat mendapatkan khasiat daun sirih untuk kecantikan, berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat daun sirih sebagai salah satu skincare alami.

° Rebusan air daun sirih dapat digunakan untuk mengompres wajah menggunakan handuk bersih atau kapas.
°Dapat digunakan sebagai masker wajah. Dengan cara haluskan daun sirih lalu oleskan pada wajah atau bagian wajah yang memiliki masalah kulit di atas.
°Gunakan air rebusan daun sirih sebagai toner wajah sehari-hari sebelum langkah skincare selanjutnya.
°Air rebusan daun sirih juga dapat digunakan sebagai air untuk cuci muka.

Itu dia manfaat daun sirih untuk wajah yang bisa mengatasi dan mencegah berbagai permasalahan kulit wajah. Semoga bermanfaat.