Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand Leg Pertama Final AFF 2020

Tim nasional Indonesia. Foto dok PSSI

Pariwarajambi.com - Final leg pertama piala AFF 2020 antara Timnas Timnas Indonesia Vs Thailan akan berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021) 19.30 WIB nanti.

Pertandingan ini sangat krusial untuk skuad Garuda. Tentu kemenangan bakal menambah kepercayaan tim Merah Putih untuk melakoni leg kedua pada 1 Januari 2022. Meski demikian, target menang jelas tak mudah mengingat lawan yang dihadapi adalah Thailand.

Rekor pertemuan antara Timnas Indonesia kontra Thailand tidak menguntungkan untuk skuad Garuda. Dari tiga perjumpaan di final Piala AFF, Timnas Indonesia selalu menelan kekalahan.

Baca juga: Seru! Klub Sultan Raffi Ahmad Vs Klub Anak Jokowi di Final Liga 2: Ini Jadwalnya

Itu terjadi pada Piala AFF 2000, Piala AFF 2002, dan Piala AFF 2016. Sebenarnya, pada 2016 Indonesia bisa menang di leg pertama, namun pada akhirnya gagal angkat trofi karena kalah di leg kedua.

Thailand juga punya sejarah yang bagus di Piala AFF. The War Elephant telah memenangi turnamen paling bergengsi se-Asia Tenggara sebanyak lima kali.

Sedangkan Indonesia belum sekalipun bisa juara. Padahal, skuad Garuda sudah berlaga sebanyak lima kali di laga puncak.

Baca juga: Klub Anak Jokowi Persis Solo juga Raih Tiket Promosi ke Liga 1: Usai Kalahkan Dewa United di Semifinal Liga 2

Meski begitu, Timnas Indonesia yang didominasi pemain muda punya kepercayaan diri cukup tinggi. Hasil tanpa kekalahan diraih sejak babak penyisihan Grup B.

Namun, Timnas Indonesia bukan tanpa masalah jelang melakoni pertandingan ini. Fullback Pratama Arhan harus absen karena akumulasi kartu.

Begitu juga dengan Rachmat Irianto yang dilaporkan mengalami cedera. Meski hanya cedera ringan, pemain Persebaya Surabaya itu bisa saja diistirahatkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Baca juga: Klub Raffi Ahmad Rans Cilegon FC ke Final Liga 2, Amankan Tiket Promosi ke Liga 1

Sementara itu, Thailand tak kalah superior di Piala AFF 2020. Mereka berhasil meraih empat kemenangan pada babak fase grup.

Sementara pada babak semifinal kemarin, Thailand berhasil menyingkirkan lawan kuat dan kandidat juara turnamen Vietnam dengan agregat 2-0.

Pada laga final nanti, Thailand juga harus kehilangan dua pemainnya. Pertama adalah bek sayap Theerathon Bunmathan akumulasi kartu dan penjaga gawang Chatchai Budtporm yang cedera.

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Evan Dimas, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jaya, Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae-yong

Thailand (4-3-3): Kawin Thamsatchanan (GK); Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphan; Sarach Yooyen, Phiwat Sookjitthammakul, Thitipan Puangjan; Pathompol Charoenrat Tanapirom, Teerasil Dangda, Chanathip Songkrasin.

Pelatih: Alexandre Polking

Editor Riky Serampas
Sumber Suara.com