Galakkan Program Subuh Berjamaah: Al Haris Akan Berlakukan Rapor Subuh Bagi Siswa SMA dan SMK

Pemprov Jambi akan berlakukan rapor subuh berjamaah bagi siswa SMA dan SMK

Pariwarajambi.com - Gubernur Jambi, Al Haris terus mensosialisasikan program subuh berjamaah. Bahkan disetiap kunjungan kerjanya ke Kabupaten/Kota, Al Haris selalu melakukan sholat subuh berjamaah.

Terkait program subuh berjamaah, dikatakan mantan Bupati Merangin dua periode ini bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi kedepannya akan memberlakukan rapor subuh bagi siswa siswi SMA dan SMK se Provinsi Jambi.

Baca juga: Kodim 0420 Sarko Buka Akses Jalan Desa Paling Terisolir di Merangin

Ini dikatakan Al Haris usai melaksanakan sholat subuh berjama'ah di Masjid Agung Baitul Makmur, Bangko, Kabupaten Merangin, Jum'at (14/01/2022).

Usai melaksanakan sholat subuh berjama'ah, Al Haris menyaksikan Pelantikan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Merangin Periode 2021-2026.

"Kami telah menyiapkan program bagi anak anak SMA dan SMK yaitu rapor subuh agar mereka terbiasa dalam melakukan sholat subuh secara berjamaah. Program ini bertujuan untuk menanamkan dalam diri mereka kebiasaan sholat subuh secara berjamaah yang diharapkan mengubah karakter generasi muda agar lebih mendekat diri kepada Allah SWT," ujar Al Haris.

Baca juga: Sidak ke SMA TT, Al Haris: Seharusnya Sekolah Kebanggan, Namun Masih Jauh Dari yang Diharapkan

"Kita mengharapkan program sholat subuh berjamaah benar benar tertanam dalam diri generasi muda. Kita berupaya menanamkan nilai nilai agama kepada generasi muda melalui program sholat subuh berjamaah dan mengharapkan bantuan dari DMI agar membina generasi muda, khususnya di Kabupaten Merangin," lanjut Al Haris..

Al Haris menuturkan, DMI merupakan lembaga yang selalu mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid, dimana masjid tidak hanya untuk melakukan ibadah saja tapi juga memiliki nilai nilai lainnya. "Pelantikan kepengurusan yang baru ini kita harapkan mampu menjalankan peran strategis untuk menjadikan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga harus mendukung kemajuan sosial masyarakat antara lain pusat pendidikan, pusat kesehatan bahkan pusat ketahanan ekonomi," tutur Al Haris.

Baca juga: Gubernur Jambi Al Haris Segera Reformasi dan Revitalisasi SMA Titian Teras

Al Haris menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi memiliki program revitalisasi masjid masjid yang ada di Provinsi Jambi dengan membuatkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur tentang revitalisasi masjid-masjid di desa, dusun dan lainnya.

"Tahun 2021 kemarin, kita sudah mengeluarkan anggaran lebih kurang senilai Rp.32 miliar untuk revitalisasi masjid dan ke depannya kami menerima usulan-usulan untuk revitalisasi masjid melalui verifikasi dari DMI. Kami meminta DMI untuk mengawasi anggaran sehingga peruntukkannya benar benar dialokasikan untuk keperluan masjid itu sendiri," pungkas Al Haris.

Baca juga: Gubernur Jambi Al Haris Harap Pergunu Optimalkan Peran 

Ketura DMI Provinsi Jambi, Havis Husaini  secara langsung melantik Pengurus Harian DMI Kabupaten Merangin masa bakti 2021-2026, dimana sebagai Ketua Harian DMI Kabupaten Merangin adalah Arfandi Ibnu Hajar.(adv)