Timnas Indonesia Tim Fair-Play: Ini Daftar Penerima Penghargaan Piala AFF 2020

Sejumlah pesepak bola dan tim pelatih Timnas Indonesia berfoto bersama usai pengalungan medali Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Sabtu (1/1/2022). Indonesia menduduki juara kedua usai seri melawan Timnas Thailand dengan skor 2-2 atau kalah agregat 2-6. [ANTARA FOTO/Flona Hakim]

Pariwarajambi.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia finis sebagai runner up di piala AFF 2020 usai dikalahkan Thailand di final dengan agregat 6-2.

Timnas Indonesia kalah 0-4 pada pertandingan leg pertama yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura pada 29 Desember lalu. Sementara di leg kedua tim Merah Putih bermain imbang 2-2, Sabtu (1/1/2022).

Baca juga: Rekor Baru Piala AFF: Thailand Juara Terbanyak, Indonesia Spesialis Juara 2

Selain menjadi runner-up, Timnas Indonesia menyabet penghargaan lain. AFF memilih skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- sebagai tim fair-play.

Finis di posisi kedua membuat Timnas Indonesia membawa pulang hadiah 100 ribu dollar Amerika Serikat atau setara Rp1,4 miliar. Sementara Thailand sang kampiun mendapat 300 ribu dollar Amerika atau Rp4,2 miliar.

Vietnam dan Singapura selaku semifinalis juga mendapat hadiah dari AFF. Masing-masing tim mendapatkan uang 50 ribu dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp700 juta.

Baca juga: Baru Mulai Jadi Pesinetron: 8 Fakta Cassandra Angelie Terlibat Prostitusi

Sementara untuk pemain terbaik jatuh kepada penggawa Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin. Pemain bernomor punggung 18 itu mendapat hadiah 10 ribu dollar Amerika Serikat atau Rp142 juta.

Chanathip Songkrasin juga top skor di turnamen ini dengan torehan empat gol. Chanatip tidak sendiri, ia bersama Teerasil Dangda, Safawi Rasid, dan Maranon yang juga mencetak empat gol.

Adapun top skor mendapat hadiah sebesar 2500 dollar AS atau setara Rp356 juta.

Berikut daftar penghargaan di Piala AFF 2020:

Juara: Thailand
Runner-up: Indonesia
Semifinalis: Vietnam dan Singapura
Pemain terbaik: Chanatip Songkrasin (Thailand)
Top skor (4 gol): Teerasil Dangda (Thailand), Chanathip Songkrasin (Thailand), Safawi Rasid (Malaysia), Bienvenido Maranon (Filipina)
Tim fair-play: Indonesia

Editor Riky Serampas
Sumber Suara.com