3 Masalah Kesehatan Jika Terlalu Banyak Makan Buah

Pariwarajambi.com – Hati-hati, ternyata mengonsumsi buah berlebihan bisa berdampak bagi kesehatan. Buah-buahan mengandung nutrisi yang baik untuk manusia. Buah dipercaya dapat membantu diet, mencerahkan kulit, dan membantu menurunkan berat badan.

Sudah bukan rahasia lagi jika buah-buahan mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi, Anda harus hati-hati, ternyata mengonsumsi buah berlebihan bisa berdampak bagi kesehatan.

“Meski sulit dipercaya, mengonsumsi terlalu banyak buah juga bisa berbahaya bagi Anda. Karena mengandung gula alami, buah juga memiliki cukup tinggi kalori. Karena itu, terlalu banyak makan buah dapat menyebabkan masalah kesehatan,” ungkap Ahli Diet dari Nutritionis Motherhood Hospital, Alwarpet, Chennai, Hari Lakshmi.

Sebagaimana yang dilansir dari HealthShots, ada tiga masalah kesehatan jika mengonsumsi buah-buahan berlebihan. Ini dia rangkumannya.

1. Berisiko Diabetes dan Mengganggu Kesehatan Jantung

Buah memiliki kadar fruktosa yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan resistensi insulin, obesitas, dan diabetes. Mengonsumsi banyak fruktosa juga menyebabkan akumulasi lemak, di mana mengganggu intoleransi glukosa dan fungsi normal tubuh. Selain itu, fruktosa juga menyebabkan peningkatan tekanan darah serta kadar asam urat.

2. Masalah Pencernaan

Mengonsumsi terlalu banyak fruktosa dapat menyebabkan sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa tanda dan gejalanya adalah sakit perut, kembung, gangguan pencernaan, sembelit, dan diare. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi penyakit ini adalah, dengan mengonsumsi makanan rendah fruktosa.

3. Diet yang Tidak Sehat

Diet yang populer namun tidak sehat adalah diet buah, di mana hanya mengonsumsi buah mentah saja yang boleh dikonsumsi. Diet ini juga melarang kelompok makanan lainnya, seperti biji-bijian, karbohidrat, sayuran, dan kacang-kacangan.

Bahkan, diet buah juga tidak mencukupi nutrisi lainnya seperti protein, omega-3, vitamin B, kalsium, dan zat besi. Tentunya, diet ini tidak sehat bagi penderita diabetes dan resistensi insulin.(*)

Sumber Suara.com

Komentar