Cara Mengeluarkan Dahak Tenggorokan secara Alami

Pariwarajambi.com – Dahak adalah cairan seperti jeli yang dikeluarkan dari paru-paru. Dibandingkan dengan lendir yang dikeluarkan dari saluran hidung Anda (yang biasa kita sebut sebagai ingus), dahak ini adalah zat yang lebih kental dan cenderung lengket.

Tujuan utama dari lendir yang lengket di saluran udara Anda adalah untuk menjebak sebanyak mungkin partikel yang mengiritasi. Kemudian, dahak menjadi sarana keluarnya mereka dari saluran pernapasan bagian bawah. Singkatnya, zat ini membantu menjaga paru-paru Anda bersih dari kuman yang masuk ke saluran udara Anda.

Cara Mengeluarkan Dahak

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan? Dalam kebanyakan kasus, diketahui dahak adalah normal dan membantu fungsi sistem pernapasan Anda yang sehat. Meski demikian, banyak orang merasa berurusan dengan kelebihan dahak di tenggorokan tidak menyenangkan.

Untungnya, jika Anda ingin mengencerkan atau mengeluarkannya dari tubuh Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Melansir dari situs H&B, adapun caranya yakni sebagai berikut:

1. Minum banyak cairan

Dengan tidak minum cukup cairan, Anda bisa membuat dahak lebih mudah menumpuk di saluran udara Anda. Menyeruput air, jus, atau bahkan sup ayam dapat membantu membuat lendir lebih encer dan membuatnya tetap bergerak. Ini dapat membantu mengeluarkan dahak berlebih yang menumpuk di sistem pernapasan.

2. Berhenti Merokok

Studi menunjukkan merokok dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak. Maka, berhenti dari kebiasaan merokok dapat mendukung proses pembersihan lendir dan mengeluarkan dahak dari tenggorokan Anda.

3. Gunakan semprotan hidung atau larutan

Jika Anda mengalami penyumbatan lendir di hidung atau tenggorokan, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan semprotan hidung. Ini dapat berupa obat atau hanya larutan garam yang disterilkan.

Komentar