Coba Konsumsi Makanan Berikut untuk Mengurangi Dehidrasi Saat Puasa

Pariwarajambi.com – Coba konsumsi makanan berikut untuk mengurangi dehidrasi saat puasa. Asupan cairan tubuh kita berkurang selama puasa, menyebabkan seseorang mudah lemas. Faktor cuaca juga dapat mempengaruhi hilangnya cairan dalam tubuh.

Namun, hal ini dapat kita cegah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah resiko dehidrasi pada saat berbuka puasa atau santap sahur.

Berikut daftar makanannya:

Semangka

Sudah bukan rahasia umum, buah yang satu ini memang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Semangka mengangdung air sekitar 92 persen tiap 100 gram.

Semangka juga mengandung antioksidan seperti likopen, citrulline dan asam askorbat, vitamin B1 dan B6 serta mineral seperti magnesium dan potassium.

Kandungan mineral dan air yang melimpah pada semangka ini dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh serta mencegah dehidrasi.

Melon

Seperti semangka, kandungan tinggi pada buah melon yakni sekitar 90-99 persen kandungan air menjadikan melon menjadi salah satu buah yang dapat menjaga keseimbangan selktrolit dalam tubuh.

Biji melon juga mengandung polifenol, flavonoid, tannin dan karotenoid yang bermanfaat bagi tubuh.

Selada

Tidak hanya buah-buahan sayuran seperti selada juga memiliki kandungan air serta serat dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain dapat mencegah dehidrasi, selada juga dapat mencegah kulit kerng serta melindungi dari paparan matahari.

Mentimun

Menurut penelitian mentimun dapat membantu untuk melembabkan dan menghidrasi tubuh.
Selain itu, kandungan potassium, asam folat dan vitamin C yang terkandung dalam mentimun juga kaya akan manfaat bagi tubuh.

Tomat

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, lycopene antioksidan dalam tomat juga memiliki peran penting dalam menjaga berbagai fungsi tubuh.

Hal ini membuat tomat menjadi pilihan bahan makanan yang dapat dokinsumsi selama bulan Ramadhan.(*)

Sumber Suara.com

Komentar