Kendaraan Pemudik dari Pulau Jawa Padati Lintas Sumatera

Pariwarajambi.com – Tahun pertama dibolehkannya mudik di tengah pandemi virus corona, benar-benar dimanfaatkan warga untuk mudik pulang kampung.

Ini terlihat dari ramainya kendaraan yang melintasi lintas Sumatera dalam dua hari terakhir di wilayah Kabupaten Merangin dengan tujuan mudik lebaran.

“Ya, sudah dua hari ini jalan lintas Sumatera ramai kendaraan yang melintas. Ini orang mudik, dari Jawa ke Padang atau mudik ke  Medan,” kata Amin warga Kota Bangko, Sabtu (30/04/2022).

Pantauan media ini, terlihat sebagian besar  kendaraan yang melintasi lintas Sumatera berplat nomor dari wilayah pulau Jawa, terutama plat B.

Sebagian besar pemudik dari pulau Jawa ini berangkat berombongan atau kompoi dan rata-rata mudik menuju Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Aceh.

“Sudah dua tahun tidak pulang kampung, Alhamdulillah tahun ini bisa ketemu keluarga lagi. Kami dari Jakarta berangkat rombongan, banyak juga kendaraan pemudik dari Medan yang ikut rangkaian kami,” kata Jhon pemudik menuju Sumbar yang dijumpai saat istirahat di kota Bangko.

“Ya, sepanjang perjalanan yang paling banyak mobil plat B, banyak pemudik dari Jakarta. Sepanjang jalan lintas ramai pemudik sekarang, mungkin karena sudah dua tahun belakang tidak mudik jadi tahun ini banyak yang pulang kampung,” tambahnya lagi.

Senada dikatakan Ucok pemudik menuju Medan, ia mengatakan memilih mudik berombongan atau kompoi selain ramai di perjalanan, juga untuk rasa aman dan bisa saling bantu jika ada kendaraan mengalami masalah atau hal lainnya.

“Ya, asyk juga rasanya kompoi. Jadi aman juga la kita, kan ramai. Kalau ada kendala di jalan kita bisa saling bantu juga. Kita kalau merasa ngantuk atau capek, kita pilih istirahat dulu la,” ujar Ucok yang ikut satu rombongan dengan Jhon.(*)

Riky Serampas

Komentar