oleh

Harga Sawit Anjlok, Ratusan Petani Demo Kantor Bupati Merangin

Pariwarajambi.com – Ratusan masyarakat Kabupaten Merangin yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menggelar demo di Kantor Bupati Merangin, Selasa (17/05/2022).

Petani sawit berharap Pemerintah bisa membantu meningkatkan harga buah sawit yang sudah terjun bebas sejak pelarangan ekspor CPO diberlakukan 28 April 2022 lalu.

Koordinator lapangan (Korlap) demo, Abu Hasan dalam orasinya meminta kepada pemerintah untuk segera meninjau larangan ekspor yang sangat merugikan petani.

“Karena semenjak kebijakan Ekspor petani yang tertindas.Kemarintertinggi Rp 3800 sekarang turun Rp 2800 paling tinggi, saat ini perusahaan hanya membeli dari petani hanya Rp 1200 sampai Rp 1800. Bahkan perusahaan banyak tidak menerima sawit petani,” kata Abu Hasan.

Abuhasan menyebutkan pemerintah terkesan mengabaikan permasalahan ini terjadi, dan tidak mempedulikan petani sawit yang sudah menjerit.

“Selama ini petani sawit aman – aman saja, kenapa saat ini kami ditindas. Katanya alasan Presiden mau menormalkan harga minyak sayur, namun sekarang harga minyak sayur tetap. Namun sawit petani tetap tidak laku,” ujarnya.

“Saat ini kami petani menilai seperti dirampok oleh pemerintah dan perusahaan dengan struktur masif dan sistematis, karena dianggap perusahaan dan pemerintah tidak peduli dengan nasib petani,” tambah Abu lagi

Sementara itu petani lainnya yang tergabung dalam Apkasindo meminta Pemerintah Kabupaten Merangin untuk menertibkan perusahaan yang tidak menerima harga TBS petani.

“Kalau tidak jangan salahkan kami akan tutup jalan perusahaan,” ancam pendemo.

Dari pantauan Koran ini perwakilan dari pendemo sudah masuk ke kantor Bupati untuk melaksanakan hearing dengan Pemerintah Kabupaten Merangin.(*)

Riky Serampas

Komentar

News Feed