Besok Pelantikan Pj Bupati! Sarolangun Diganti, Muaro Jambi dan Tebo Lanjut

Pariwarajambi.com – 22 Mei 2023 tepat setahun sudah masa jabatan pejabat (Pj) Bupati Sarolangun Henrizal, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, dan Pj Bupati Tebo Aspan.

Mengingat masa jabatan Pj Bupati hanya setahun maka besok, Senin 22 Mei 2023 dijadwalkan Gubernur Jambi akan melantik Pj Bupati tiga daerah tersebut. Mendagri Tito Karnavian telah menunjuk Pj Kepala Daerah itu untuk setahun mendatang. Menariknya, dari 3 posisi itu hanya Pj Bupati Sarolangun yang diganti.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi Raden Najmi mengatakan telah dilakukan rapat pada Jumat lalu yang menghasilkan tiga nama. “Untuk Pj Bupati Muaro Jambi (Bachyuni) dan Tebo (Aspan diperpanjang pejabat lamanya). Dan untuk Pj Bupati sarolangun berasal dari kemendagri tepatnya Karo Perencanaan,” ujar Najmi kepada, Minggu (21/05/2023).

Najmi tak memungkiri Pj Bupati Sarolangun lama yakni Henrizal tugasnya tak diperpanjang karena namanya tak diusulkan DPRD Sarolangun pada April lalu ke Mendagri. “Begitu adanya, dan Surat Keputusan dari Kemendagri sudah ditangan kami,” jelas Najmi.

Najmi menjelaskan untuk Pj Bupati yang diperpanjang masa tugasnya akan dilakukan penyerahan Surat Keputusan. Sedangkan pejabat Bupati baru akan tetap dilantik (dikukuhkan) oleh Gubernur Jambi. “Satu orang (Pj Bupati) Sarolangun tetap dilakukan pelantikan. Waktunya malam besok (Senin).

Sebelumnya Kementerian Dalam Negeri pada April 2023 lalu juga meminta DPRD Kabupaten mengusulkan nama Pj Bupati. Adapun DPRD Sarolangun justru tidak mengusulkan nama Henrizal, Pj bupati saat ini. DPRD Sarolangun mengusulkan tiga nama, yakni Helmi, H Muhammad, dan Waldi.

Helmi adalah Kepala Dinas Pendidikan Sarolangun, H Muhammad Kepala Bappeda Sarolangun dan Waldi Kepala BKPSDM Sarolangun.

Sementara, usulan Calon Pj Bupati Tebo untuk yakni Aspan (Pj Bupati Tebo saat ini), Sulaiman (Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Jambi), dan Varial Adhi Putra (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi).

Kemudian untuk, DPRD Muarojambi juga telah memutuskan calon Pj bupati daerah itu yang akan diusulkan ke Kemendagri dari tiga nama yang diusulkan termasuk nama Bachyuni Deliansyah.(rky)

Komentar