Pj Bupati Merangin Buka Pelatihan Pilot Drone

Pariwarajambi.com – Pejabat (Pj) Bupati Merangin, Mukti membuka pelatihan operator/pilot drone Kabupaten Merangin 2023 diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin di Auditorium Hotel Royal Bangko, Jumat (20/10/2023).

Pj Bupati sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnga kedepan akan sangat dibutuhkan peran digitalisasi Drone untuk mendeteksi kejadian di Kabupaten Merangin.

‘’Kita tahu kondisi Kabupaten Merangin saat ini banyak terjadi bencana, seperti kebakaran hutan dengan kondisi cuaca Kabupaten Merangin yang dikategorikan tidak sehat berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merangin,’’ ujar Mukti.

Untuk itu lanjut Pj Bupati, salah satu cara untuk mendeteksi bencana-bencana seperti kebakaran hutan, harus dilakukan dengan alat yang canggih agar cepat diketahu, sehingga Pemerintah Daerah melalu BPBD Merangin cepat mengambil tindakan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

‘’Salah satu untuk cepat mendetksi terjadinya kebaran hutan yang tidak terjangkau oleh kita, dengan menggunakan teknologi Drone ini, yang akses jarak kerjanya bisa sampai 6 Km,’’terang Pj Bupati.

Untuk itu H Mukti menilai teknologi Drone akan sangat efektif digunakan dalam mengatasi dan mengetahui tingkat bencana yang ada di Kabupaten Merangin tersebut,’’ jelas H Mukti.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati minta pera peserta untuk serius mengikuti pelatihan tersebut, sehingga sumber daya manusia yang dimiliki Kabupaten Merangin akan mampu mengoperasikan Drone tersebut.

Kedepan Pj f terkait bisa menganggarkan dana untuk pembelian Drone itu, sehingga peserta bisa menerapkan langsung di lapangan ilmu yang didapat dari pelatinan tersebut. (*)

Komentar