Merangin Berhasil Turunkan Angka Stunting. Berikut Data Faktanya

Pariwarajambi.com – Pemerintah Kabupaten Merangin berhasil menurunkan angka kasus stunting di bumi tali undang tambang teliti, berikut data faktanya.

Ini diungkapkan Pejabat Bupati Merangin Mukti ketika membuka pertemuan pengukuran dan publikasi data stunting tingkat Kabupaten Merangin tahun 2023 di Hotel Family Inn, Rabu (22/11/2023).

Baca juga: Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMK 5,  Mukti: Narkoba Musuh Kita Bersama Harus Diperangi

Mukti mengatakan Pemerintah Kabupaten Merangin pada 2023 telah melakukan upaya penurunan dan pencegahan stunting melalui aksi konvergensi intervensi penurunan stunting dari delapan aksi konvergensi.

‘’Jadi dari delapan aksi konvergensi intervensi penurunan stunting tersebut, telah dilaksanakan aksi satu sampai dengan aksi tujuh. Selanjutnya akan dilaksanakan aksi delapan,” ujar Pj Bupati Merangin.

Baca juga: Gantikan Laksamana Yudo Margono, Jenderal Agus Subiyanto Sah Jadi Panglima TNI 

Upaya penurunan dan pencegahan stunting melalui aksi konvergensi intervensi penurunan stunting jelas Mukti, merupakan tugas dari berbagai pemangku kepentingan, sehingga pada 2023 bisa menjadi 2,62 persen.

Dimana pada angka 2,62 persen itu, terjadi penurunan prosentase stunting sebesar 0,49 persen pada 2023 tersebut,  jika dibandingkan persentase penurunan stunting pada tahun 2022.

Baca juga: Dihadiri Wakil Ketua MPR, Gubernur Al Haris Resmikan Maulida Convention Center

“Dengan adanya analisis manajeman data stunting, diharapkan kepada semua pihak yang terkait dapat melakukan intervensi penurunan stunting di Kabupaten Merangin,’’ pinta Pj Bupati Merangin.

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Merangin pinta Pj Bupati,  senantiasa bekerjasama melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, penuh tanggungjawab, guna meningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: PAN Kembali Usung Al Haris di Pilgub 2024, Yandri Susanto: Al Haris Gubernur Kebanggaan PAN

‘’Semua pengurus dan anggota TPPS harus bahu membahu dalam melaksanakan setiap aksi integrasi penurunan stunting, sehingga penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Merangin bisa cepat tercapai,’’ terang Mukti.

Tampak hadir mendampingi Pj bupati, Kadis PPKB Merangin Abdaie, Kadis Dinkes Drg Soni, Kepala Bappeda Merangin Dr Agus Zainuddin, perwakilan dari Kodim 0420 Sarko, camat se-Kabupaten Merangin dan para tenaga ahli pendamping desa se-Merangin.(*)

Komentar