Pengprov PSTI Jambi Adakan Pelatihan Wasit dan Penyelenggaraan Kompetisi Takraw Tingkat Dasar

Pariwarajambi.com – Pengurus Provinsi Persatuan Sepaktakraw Seluruh Indonesia (Pengprov PSTI) Jambi mengadakan pelatihan dan penyelenggaraan kompetisi tingkat dasar tahun 2023.

Pelatihan dan penyelenggaraan kompetisi tingkat dasar ini dibuka secara resmi oleh ketua umum PB PSTI diwakili Sekjen PB PSTI pusat Herman Andi SH MH, Sabtu (02/12/2023).

Baca juga: Raih Enam Medali di Porwil XI Sumatera, Takraw Jambi Lolos PON 2024

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi diwakili oleh Kabid Prestasi Olahraga Rino Oetami MM, Pengurus PSTI Jambi dan para atlet Sepaktakraw yang lolos PON Aceh-Sumut 2024.

Sekjen PB PSTI pusat Herman Andi mengatakan sepak takraw Jambi terus berkembang seiiring dengan proses pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh Pengprov PSTI Jambi.

“PB PSTI tentu terus memantau dan memonitor kegiatan yang dilakukan oleh seluruh Pengprov, nah Jambi mengalami peningkatan terbukti dengan tetap menjaga tradisi lolos PON Aceh-Sumut tahun depan,” kata Herman Andi.

Kepada peserta pelatihan dasar, Herman Andi berpesan agar mengikuti pelatihan dengan serius dan terus belajar sebagai upaya meningkatkan kemampuan sebagai pengadil pertandingan .

“Tentu proses jalan terus seiring dengan kemampuan saudara dalam bertugas dan menjadi wasit serta penyelenggaraan pertandingan baik leven club, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan bercita-citalah menjadi wasit dunia, itukah inti dari pengabdian dan kecintaan kita terhadap olahraga khususnya Sepaktakraw,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian PSTI Jambi Sudirman dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai upaya mencetak generasi baru wasit potensial Provinsi Jambi untuk menjadi petugas pada event pertandingan atau kejuaraan di dalam Provinsi Jambi.

“Pelatihan tingkat dasar ini mengawali profesional wasit karena ini jenjang untuk mendapatkan lisensi wasit S3, apabila lulus dapat mengikuti Diklat untuk S3, demikian juga petugas selain wasit yang diperlukan sebagai pendukung dalam suatu event seperti tenaga administrasi, IT, MC, Ballboy dan lainnya,” katanya.

“Pelatihan kali ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari guru olahraga, mantan atlet dan pelaku olahraga Sepaktakraw Jambi. Latihan diselenggarakan 2-4 Desember 2023 di Regen Futsal Selincah kota Jambi, materi latihan teori 20% dan praktek 80%< diisi oleh Profesional Herman Andi SH MH ( Sekjen PB PSTI), Akmal Wasit ASTAF, tim perwasitan Provinsi Jambi, itu materi persepaktakrawan, sementara materi pendukung penanganan cedera dini oleh M. Kamil Abdillah, S.Ft, Fst.,” sebut Sudirman.(rky)

Komentar