Semarak Perayaan Ultah BMKJ, Dihadiri Banyak Tokoh Jambi Perantauan

Pariwarajambi.com, JAKARTA –Badan Musyawarah Keluarga Jambi (BMKJ) Jakarta merayakan ulang tahun yang ke-50 dan sarasehan bersama badan penghubung Provinsi Jambi. BMKJ Jakarta adalah organisasi yang menjadi wadah bagi warga Jambi yang saat ini berdomisili di Jakarta dan sekitarnya atau Jabodetabek. Acara ini digelar di Anjungan Jambi, TMII, Jakarta, Senin (2/11/2023), yang dihadiri para tokoh Masyarakat Jambi, mahasiswa, dan warga Jambi yang berdomisili di Jabodetabek.

Dalam sambutannya, Ketua BMKJ Jakarta Muslimin Tanja menyampaikan ulang tahun BMKJ kali ini dirayakan secara meriah dan spesial karena usia emas. Momentum hari ini kita jadikan refleksi untuk mengenang peristiwa dan momentum 50 tahun silam yang mungkin kecil, namun memberikan manfaat besar hingga saat ini.

Pada tahun 1973 silam, organisasi kedaerahan dan kemahasiswaan Jambi yang sudah ada saat itu, seperti Himpunan Keluarga Kerinci (HKK), Persatuan Mahasiswa Jambi, serta para tokoh masyarakat Jambi yang ada di Jakarta, berkumpul dan membentuk organisasi yang diberi nama Badan Musyawawah Keluarga Jambi (BMKJ).

“Organisasi ini tidak lagi muda. Kita patut bersyukur karena organisasi yang kita cintai ini, masih bertahan hingga hari ini. BMKJ telah memberikan manfaat yang besar tidak hanya untuk warga Jambi yang ada di Jakarta, tapi juga peran sertanya dalam Pembangunan Provinsi Jambi,” kata Muslimin.

Disampaikan Muslimin, warga Jambi yang saat ini berada di Jakarta dan sekitarnya, jumlahnya ribuan bahkan mungkin puluhan ribu. Tidak sedikit tokoh-tokoh Jambi di perantauan yang telah memberikan sumbangsih pemikiran dan turut andil dalam Pembangunan Jambi, bahkan pada level nasional, menduduki posisi penting di berbagi sektor, baik jabatan di pemerintah, birokrat, cendikiawan, pengusaha, dan lain sebagainya.

“Gambaran ini penting agar kita dapat menyatukan sumberdaya dan potensi yang ada, demi kemajuan bersama, sekaligus mengatasi persoalan yang mungkin timbul di kemudian hari terkait warga BMKJ,” katanya.

Pada kesempatan itu, Muslimin juga merefleksikan 50 tahun BMKJ dan kebahagiaan Masyarakat Jambi bisa bersilaturahmi mengenang kampung halaman, melalui pantun. “Di kerinci ada gunung dan danau, di Tanjabtim terhampar laut yang luas dan kaya, Hari ini BMKJ memasuki usia 50 tahun, Semoga warganya semakin kompak dan kekeluargan semakin terasa”

“Sungai Batanghari kebanggan Jambi, Berkelok elok dari huluan, Alangkah bahagianya hari ini, biso berkumpul melepas rindu kampung halaman”

Gubernur Jambi Alharis, dalam sambutannya yang dibacakan kepala Bapeda Provinsi Jambi Agus Sunaryo, berharap kegiatan hari ini akan semakin meningkatkan silaturahmi dan sinergisitas seluruh pemangku kepentingan, komponen masyarakat Jambi, baik yang berdomisili di Jambi maupun wilayah lain di Nusantara, menguatkan kolaborasi mendorong gagasan bersama, inovasi, terobosoan untuk semakin memajukan dan menyejahterakan Provinsi Jambi.

“Apresiasi saya sampaikan kepada Badan Musyawarah Keluarga Jambi yang tanpa henti turut berkontribusi memberikan sumbangsih untuk kepentingan Jambi. Kami berharap BMKJ semakin maju dan terus eksis menjadi wadah untuk memikirkan bagaimana Jambi agar lebih berkembang dan berdaya saing di level nasional hingga global. Selain itu, solusi dari para tokoh Jambi di BMKJ juga sangat dinanti dalam merespon berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi Provinsi Jambi, untuk mendorong pembangunan Jambi melalui pengoptimalan segala potensi dan keunggulan daerah,” lanjutnya.

Gubernur Jambi juga berharap agar masyarakat perantauan Jambi di seluruh Nusantara dapat menjadi agen budaya daerah, berupaya menyebarluaskan infomasi tentang potensi keunggulan Jambi, sesuai dengan kapasitas masing-masing. Peran serta BMKJ akan sangat membantu dan berdampak dalam membawa investor untuk turut menjadi bagian dalam menggerakkan roda perekonomian Provinsi Jambi.

Pada perayaan ulang tahun BMKJ Jakarta yang ke-50 ini, juga digelar sarasehan yang bertajuk Sinergi BMKJ untuk Kemajuan Jambi. Para tokoh Jambi, Pemprov Jambi, Pengurus BMKJ Jakarta dan Nasional, dan mahasiswa memberikan pokok-pokok pikirannya untuk kemajuan BMKJ dan Provinsi Jambi.

Perayaan ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan seni tarian dan seni silat Jambi. Selain itu, panitia juga menyajikan menu makanan khas Jambi seperti; nasi minyak, tempoyak, mie celor, tekwan, dan makanan khas Jambi lainnya. Jambi lainnya. Dirgahayu BMKJ!(*)

Komentar