Serahkan Bantuan Kesenian, Edi Purwanto: Impementasi Tri Sakti Bung Karno

Pariwarajambi.com – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengimplementasikan Tri Sakti Bung Karno, yakni terkait berkepribadian dalam kebudayaan. Adapun yang dilakukan oleh Edi Purwanto dalam mengimpelentasikan hal tersebut dengan memberikan bantuan pelatanan kesenian tradisional, Sabtu malam (02/12/2023).

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan di Sanggae Ki Dalang Suwoko, Pasir Putih, Jambi Selatan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, yang dalam hal ini di wakilkan oleh Kasi Seni Budaya, Asep. Turut hadir sejumlah ketua kelompok pelaku kesenian Kota Jambi.

Edi Purwanto secara simbolis memberikan bantuan peralatan kesenian kepada sejumlah pelaku kesenian tradisional yang ada di Kota Jambi. Untuk di Kota Jambi, setidaknya ada 35 peralatan kesenian yang diberikan secara simbolis oleh Edi Purwanto.

“Bung karno dengan tri saktinya, berkepribadian dalam kebudayaan itu dituangkan dengan seni-seni ini. Insha allah di 2024 akan saya anggarkan lagi minimal di APBD Perubahan untuk kessenian tradisional,”ujarnya.

Adapun alat kesenian tradisional yang diberikan diantaranya bantuan untuk kesenian grup Wayang, Jaranan, Reog, Campursari, Janengan dan Hadroh. Sementara itu, dalam kesempatan ini, Edi Purwanto berharap dengan bantuan alat kesenian ini, bisa menumbuhkan semangat pelaku kesenian di Jambi untuk terus melestarikan budaya.

“Dengan adanya bantuan ini yang
Pertama ada pengakuan negara terhadap bapak ibu sekalian sebagai pelaku-pelaku seni, kedua bahwa seni ini adalah alat yang paling efektif untuk menyambung silaturahmi, dan ini harus terus dilestarikan sebagai identitas bangsa kita,” pungkasnya.(*)

Komentar