Sejarah Baru Sepakbola Indonesia! Pertama Kali Lolos 16 Besar Piala Asia

Pariwarajambi.com – Sepakbola Indonesia mengukir sejarah Baru diawal 2024 ini, yakni lolos ke babak 16 besar Piala iala Asia. Kelolosan Indonesia ini ditentukan oleh hasil imbang 1-1 antara Kirgistan vs Oman di laga terakhir Grup F, Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Oman unggul 1-0 pada menit kedelapan lewat Muhsen Al-Ghassani. Keunggulan itu membuat Oman naik ke posisi empat tim peringkat ketiga terbaik dengan empat poin, menyingkirkan Indonesia ke posisi kelima dengan tiga poin. Tapi, keajaiban untuk Indonesia muncul pada menit ke-80 saat Kirgistan menyamakan skor 1-1.

Adalah Joel Kojo yang menjebol jala Oman memaksimalkan kesalahan kiper lawan. Injury time lebih dari 10 menit gagal dimaksimalkan Oman untuk menambah gol.

Hasil imbang ini, Oman cuma mengumpulkan dua poin dari tiga laga dan finis ketiga Grup F. Itu artinya, Indonesia yang berhak meraih tiket terakhir ke Babak 16 Besar lewat peringkat ketiga terbaik.

Sebelum Indonesia, sudah ada Yordania, Palestina, dan Suriah yang lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Ini jadi kali pertama Indonesia melaju ke babak gugur Piala Asia setelah gagal pada empat kesempatan sebelumnya di 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Selanjutnya, Indonesia akan bertemu Australia pada Babak 16 Besar Minggu (28/01/2024).(*/rky)

Komentar