Al Haris dan Mashuri Tanam dan Panen Padi Sawah Bersama di Empelu Bungo

Pariwarajambi.com – Gubernur Jambi Al Haris bersama Bupati Bungo Mashuri tanam dan panen raya padi sawah bersama di dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo, Kamis (30/05/2024).

Pada gerakan tanam padi sawah bersama kelompok Tani Bougenville dan Poktan Usaha Bersama ini, Gubernur Jambi Al Haris juga menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan gerakan tanam padi sawah bersama sangat penting disaat kondisi pangan saat ini yang mengalami pasang surut, sehingga juga mempengaruhi angka inflasi.

“Pangan kita hari ini mengalami pasang surut harga tidak stabil di pasaran. Alhamdulillah disini Empelu ini sawah masih luas dan masyarakat masih banyak turun ke sawah,” kata Al Haris.

Al Haris mengatakan pasang surut pangan diantaranya disebabkan oleh luas lahan sawah sudah berkurang, karena ada dibeberapa tempat sawah sudah alih fungsi lahan.

“Luasan sawah kita sudah menurun, ada beberapa tempat sudah alih fungsi lahan, sudah jadi lahan sawit dan sebagainya, maka panen kita juga turun,” ujarnya.

Gubernur Al Haris mengharapkan agar petani terus konsisten dan semangat untuk menanam padi. Ia juga berharap alat pertanian yang diberikan dapat meningkatkan hasil produksi petani.

“Harapan kami mudahan petani kita tetap semangat menanam padi, mudahan apa yang kita buat hari ini bantuan bibit dan Alsintan dapat membantu hasil produksi meningkat,” ujarnya.(rky)

Komentar