Hari Kartini ke-146, Gubernur Al Haris: Negara Memberikan Ruang pada Kartini-kartini untuk Berkiprah

Pariwarajambi.com – Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan negera hari ini sudah memberikan tempat dan ruang bagi perempuan Indonesia untuk berkiprah disemua level dan tingkatkan karir, baik di pemerintahan maupun swasta.

“Hari ini perempuan mendapatkan tempat yang luar biasa sudah banyak yang jadi pejabat, Gubernur, anggota dewan, Bupati dan sebagainya. Artinya negara sudah memberikan tempat dan ruang kepada kartini-kartini untuk berkiprah di semua jenis tingkatkan disemua level,” kata Al Haris saat menghadiri peringatan hari Kartini ke-146 tingkat Provinsi Jambi di auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (21/05/2024).

“Itu pertanda hari ini kartini-kartini kita sudah mendapatkan porsi yang layak, artinya dulu apa yang menjadi pikiran ibu kita Kartini hari sudah bisa kita lihat bahwa peran perempuan di pemerintah, di dunia karir sudah sejajar dengan laki-laki,” sambung Al Haris lagi.

Meski demikian, lanjut Gubernur Al Haris tetaplah seorang perempuan harus ingat dengan kodratnya sebagai ibu rumah tangga dan istri dari suaminya. Tentu itu juga cita-cita dari perjuangan Ibu Kartini yang ingin perempuan Indonesia berani tampil hebat, tapi tetap ingat dengan kodratnya sebagai seorang perempuan.

“Tidak boleh lepas dari kodrat seorang perempuan meski berada ditempat dan karir yang bagus, tetap ingat dengan kodrat tugas dan fungsinya sebagai ibu rumah tangga sebagai istri bagi suaminya. Kembali flashback bahwa ibu Kartini ingin wanita Indonesia itu tampil hebat tapi tidak melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan di tengah-tengah keluarganya,”

“Dengan hari Kartini ke ini kita refleksikan diri kita, hidup kita kemana sebetulnya nilai-nilai perjuangan ibu Kartini sebenarnya. Meskipun peradaban dunia terus berkembang tantangan makin luar biasa cobaan juga semakin berat ibu Kartini tetap konsisten dengan perjuangannya. Tidak ada sesuatu yang sukses dari suatu perjuangan, tidak ada sesuatu yang mencapai puncak dari sebuah karir tanpa seorang perempuan hebat disamping suaminya,” sebut Al Haris lagi.(*)

Komentar