Meriahnya Festival Takbir Idul Adha di Tungkal, Abdullah Sani: Siar Keagamaan dan Hiburan Masyarakat

Pariwarajambi.com – Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menghadiri acara pelepasan Festival Takbiran Idul Adha 1445 H yang berlangsung di halaman Rumah Dinas Bupati Tanjung Jabung Barat, Minggu (16/06/2024) malam.

Wakil Gubernur (Wagub) Abdullah Sani mengungkapkan, festival takbir Idul Adha dilaksanakan dengan tujuan mengirimkan pesan perdamaian antar umat beragama.

“Selain menjadi sarana hiburan masyarakat, acara ini juga bertujuan untuk dapat mendistribusikan pesan perdamaian dan moderasi beragama di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Wagub Abdullah Sani mengharapkan, dengan adanya festival takbiran tersebut mampu memberikan pesan mendalam dan meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kita mengharapkan adanya event ini mampu mendorong masyarakat untuk menjaga kebhinekaan, menjadi gerakan kolektif masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga keharmonisan dan merawat toleransi antar umat beragama,” harap Wagub Sani.

Wagub Abdullah Sani juga menuturkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sangat mendukung serta mengapresiasi penyelenggaraan event festival oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Ada festival arakan sahur, ada juga festival takbiran idul fitri dan idul adha, dan ini merupakan wujud perayaan hari besar keagamaan,” tutur Wagub Sani.

“Festival ini bukan hanya sebagai wahana sosialisasi perdamaian, namun juga sebagai salah satu pendongkrak perekonomian masyarakat melalui penyelenggaraan event berskala Nasional. Beberapa waktu lalu, kita menyelenggarakan Festival Arakan Sahur yang masuk kedalam agenda Karisma Event Nusantara 2024 yang digagas Kemenparekraf RI,” tutup Wagub Sani.

Sementara itu, Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadar menjelaskan, kegiatan takbir Idul Adha ini merupakan wujud mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga, melestarikan, serta menumbuhkan kecintaan terhadap nilai-nilai keislaman.

“Melalui penyelenggaraan festival yang menampilkan beragam kreasi dan inovasi dari para peserta, kita harapkan menjadi pelopor bagi generasi muda dalam mensyiarkan ajaran agama di tengah masyarakat,” ujar Anwar Sadat. (*)

Komentar