Wagub Abdullah Sani Ajak Masyarakat Jambi Asal Nias Tetap Jaga Warisan Budaya Leluhur

Pariwarajambi.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Abdullah Sani mengajak masyarakat Jambi Asal Nias tetap menjaga warisan budaya leluhur, walaupun dirantau tetap dijaga dan dilestarikan. Ajakan tersebut disampaikan Wagub saat Pembukaan Festival Perlombaan Maena Rohani Nias (Tarian Nias) Dalam Rangkaian Pentahbisan/Peresmian Gedung Gereja BNKP Jambi, bertempat di Gedung Gereja BNKP Jambi, Kota Baru, Kota Jambi, Minggu, (23/06/2024).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Jambi asal Nias yang tidak pernah meninggalkan tradisi asli Nias, kami sangat menghargai Festival Perlombaan Maena Rohani Nias (Tarian Nias) ini, terlebih festival dilaksanakan dalam rangkaian Pentahbisan/Peresmian Gedung Gereja BNKP Jambi,” ucap Wagub Sani.

Wagub Sani berharap agar pelaksanaan festival ini juga bisa meningkatkan persaudaraan dan kebersamaan sesama warga Nias yang ada di Jambi. “Pelaksanaan festival ini juga bisa meningkatkan persaudaraan dan kebersamaan sesama warga Nias yang ada di Jambi serta meningkatkan kepedulian warga Nias Jambi terhadap tarian dan budaya Nias, untuk kemudian
melestarikan budaya Nias tersebut,” ujar Wagub Sani.

Dikatakan Wagub Sani, dengan adanya Tarian dan budaya Nias yang dibawakan masyarakat Jambi asal Nias merupakan salah satu budaya yang tidak melupakan kampung halaman, ini perlu dilestarikan. “Saudara-saudara kita asal Nias ternyata tidak pernah meninggalkan budaya-budaya asli dari Nias, ini perlu kita lestarikan dan tetap kita jaga walaupun kita dirantau, budaya kita tetap dilestarikan dan akan memperbanyak khasanah  budaya nusantara di Jambi ini,” kata Wagub Sani.

Lebih lanjut Wagub Sani memaparkan beberapa program unggulan Jambi Mantap, Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2021-2026, Visi pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi adalah Jambi
MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah, dan Profesional), dengan tiga misi turunannya, 1.Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, 2. Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, dan 3. Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia. “Tujuan misi ketiga ialah Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia yang Terdidik, Sehat, Berbudaya, Agamis, dan Berkesetaran Gender. Salah satu sasarannya adalah meningkatnya toleransi intra dan antar agama,” papar Wagub Sani.

“Melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Pemerintah Provinsi Jambi juga terus mengupayakan dan mendorong dialog intern dan antar umat beragama, yakni melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jambi, untuk merawat dan meningkatkan kerukunan beragama dan harmoni di Provinsi Jambi,” sambung Wagub Sani.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Sani juga menghimbau semua warga Jambi asal Nias untuk bersama-sama
memelihara kerukunan, keamanan, dan kedamaian khususnya di Provinsi Jambi, agar senantiasa tercipta suasana yang kondusif untuk membangun
Provinsi Jambi.

“Warga Jambi asal Nias, mari kita sama-sama memelihara kerukunan, keamanan, dan kedamaian daerah kita tercinta ini, Provinsi Jambi, agar senantiasa tercipta suasana yang kondusif untuk membangun Provinsi Jambi, dan juga semua untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program pembangunan Provinsi Jambi. Mari bersinergi, bersatu padu untuk menyukseskan pembangunan Provinsi Jambi, guna mewujudkan Provinsi Jambi yang jauh lebih baik dan lebih maju,” pungkas Wagub Sani. (*)

Komentar