Wagub Abdullah Sani Ungkap Peran Pramuka Sangat Strategis di Bidang Pendidikan Non Formal

Pariwarajambi.com – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Abdullah Sani mengatakan sebagai organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan non formal, Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat strategis sebagai pendidikan formal dan informal yang ada di Indonesia.

Ini diungkapkan Abdullah Sani pada Pembukaan Rakerda Kwarda Jambi 2024 di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (21/06/2024) malam.

“Pemerintah daerah sangat memberikan apresiasi dan menyampaikan rasa bangga bahwa Kwartir Daerah Jambi secara konsisten dapat melaksanakan program kerja bersama seluruh Kwartir Cabang dalam jajaran Kwarda sehingga mampu mencapai berbagai prestasi ditingkat nasional,” kata Wagub Sani.

Wagub Abdullah Sani menjelaskan, kiprah Gerakan Pramuka sejak masa perjuangan merebut kemerdekaan hingga saat ini tidak diragukan. “Sikap militan dan kesukarelaan dalam melaksanakan tugas tidak pula terkikis oleh zaman dan keadaan, sehingga Gerakan Pramuka menjadikan berdiri tegak lurus pada pondasinya, kokoh berpijak pada tujuan dan bergerak dinamis sesuai dengan perkembangan zaman, yang dapat menunjukkan perannya yang lebih luas ditengah masyarakat dengan keunggulan program yang dimiliki,” jelas Wagub Sani.

Wagub Sani juga mengungkapkan, pemerintah daerah berharap besar agar Kwartir Daerah dan Kwatir Cabang dalam jajaran dapat bersinergi guna mewujudkan program yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang langsung dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. “Perbanyak kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat secara langsung pada kegiatan kepramukaan sebagai salah satu upaya memperkenalkan kepada masyarakat hakikat pendidikan kepramukaan bagi masyarakat, bangsa dan negara,” ungkap Wagub Sani.

Pada kesempatan tersebut Wagub Sani juga menyampaikan bahwa belum semua masyarakat mengetahui dan memahami
akan peran Gerakan Pramuka ditengah masyarakat. “Mari kita kembali memperkenalkan nilai-nilai kepramukaan kepada masyarakat secara massif,” ajak Wagub Sani.

Selain itu, Wagub Sani juga menyampaikan harapan besar Pemerintah Provinsi Jambi terhadap Pramuka, Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang dapat bersinergi guna mewujudkan program pengendalian organisasi yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. “Rapat kerja ini diharapkan dapat menjadi sarana mempertajam program dan strategi dalam upaya pencapaian Visi dan Misi organisasi dan pertemuan rutin dapat dimanfaatkan dengan baik, optimal, bersama-sama merumuskan kebijakan dan penataan langkah pencapaian program unggulan dan program prioritas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi masa bakti 2022-2027,” tutup Wagub Sani.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi Sudirman menyampaikan, visi dan misi Kwarda Daerah Jambi merupakan wujud, cita-cita dan rencana besar yang akan dilaksanakan bersama-sama yang perlu didukung dan diwujudkan. “Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang yang telah membantu kemajuan Pramuka di masing-masing daerah di Provinsi Jambi,” ujarnya.(*)

Komentar