Lima BUMDes Merangin Tampil di BUMDes EXPO Provinsi Jambi

Lima BUMDes Merangin tampil pada ajang BUMDes Expo tahun 2021 

Pariwarajambi.com - Lima BUMDes Merangin tampil pada ajang BUMDes Expo tahun 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jambi di Transmart Kota Jambi 12-14 November 2021.

Lima BUMDes tersebut tampilkan potensi produk-produk unggulan Merangin yang juga diikuti BUMDes dari 10 kabupaten/kota di provinsi minus Kota Jambi.

Kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Merangin, Andrie Fransusman mengatakan bahwa Merangin membawakan Lima BUMDes pada kompetisi kali ini.

Pertama BUMDes Alam Depati Payung milik Desa Rantau Kermas, Kecamatan Jangkat dengan produk unggulan kopi dan objek wisata alamnya.

Kemudian kedua, BUMDes Lubuk Birah Berkarya milik desa Lubuk Birah Kecamatan Muara Siau dengan produk unggulan kopi, bubuk jahe merah instan, dodol kopi, sirup jahe merah.

"Ketiga, BUMDes Benuang Mandiri milik desa Tanjung Benuang Kecamatan Pamenang Selamat dengan produk unggulan wisata edukasi, wedang jahe dan jarum tiram," kata Andrie, Jumat (12/11/2021).

Keempat BUMDes Multi Jaya milik desa Mampun Baru Kecamatan Pamenang Barat dengan produk unggulan eko wisata, kerajinan tangan dan kelapa bongsai.

Kelima BUMDes Mitra Karya Makmur milik desa Sungai Sahut kecamatan Tabir Selatan dengan produk unggulan eko wisata embung dan produk makanan

"Masing-masing BUMDes kita ini punya keunggulan masing-masing dan para pelaku usaha mikro di desa dapat menyalurkan serta pemasaran produknya melalui BUMDes," ujarnya.

Dalam lomba kata Andrie, penilaian oleh juri dari provinsi terhadap masing-masing BUMDes dan para pengelola akan malakukan paparan tentang produk BUMDesnya dihadapan peserta dan dewan juri.

"Indikator penilaiannya yakni jumlah pengunjung, rating pemasaran produk di lokasi stand, teknis publikasi pemasaran, seperti banner, video. Kemampuan pengelola memaparkan produknya dipanggung," jelasnya lagi.

Lebih lanjut mantan Camat Bangko ini mengatakan bahwa produk BUMDes yang sudah memiliki izin industri rumah tangga (IRT) serta lebel halal akan menambah poin penilaiaan.

Dengan demikian sambung Andrie atas nama pemerintah kabupaten Merangin memohon dukungan kepada semua pihak agar dapat dapat mensukseskan kompetisi ini sehingga BUMDes Merangin menjadi pemenang.

"Mari kunjungi stand BUMDes Merangin dan beli produknya sebanyak mungkin, dukung Merangin jadi juara," ungkap Andrie.

Sementara itu, perwakilan BUMDes Merangin Dodi Kussapriadi yang juga direktur BUMDes Depati Payung Rantau Kermas dibincangi mengatakan ia optimis pada pagelaran BUMDes Expo tahun 2021 menang.

"Kami sudah persiapkan dengan matang sebelum lomba, baik soal produk yang akan dipasarkan di stand pameran maupun paparan nanti dipanggung lomba," ujar Dodi optimis.(*)