Daftar Ponsel Terlaris di Indonesia

Daftar ponsel terlaris di Indonesia selama kuartal tiga (Q3) 2021 baru saja dirilis Firma riset pasar IDC.

Pariwarajambi.com - Daftar ponsel terlaris di Indonesia selama kuartal tiga (Q3) 2021 baru saja dirilis Firma riset pasar IDC.

Oppo dinobatkan sebagai brand smartphone nomor satu di Indonesia. Oppo masih memimpin di segmen low-end (100-200 dolar AS atau Rp 1,4-2,8 jutaan), yang menyumbang sebagian besar pengirimannya.

Oppo berhasil naik kembali ke posisi teratas dengan menjaga persediaan yang relatif stabil, meskipun kekurangan pasokan," tulis IDC dalam blog resminya, dikutip Minggu (19/12/2021).

Baca juga: Game-game Offline Android Mulai dari Asah Otak, Battle Royale Sampai Balapan

Sementara Vivo naik ke posisi dua karena adanya peningkatan penjualan offline dan mempertahankan stok pasokan.

IDC juga menyebut, Vivo mampu memasuki segmen ultra low-end karena harga Vivo Y1s turun hingga di bawah 100 dolar AS atau Rp 1,4 jutaan sekaligus menempati posisi dua di segmen low-end karena Vivo seri Y.

Posisi tiga ada Xiaomi yang turun setelah dua kuartal berturut-turut mengalami pertumbuhan kuat. IDC menyebut, penurunan ini dikarenakan kendala pasokan dan terbatasnya persediaan.

Meski begitu, Xiaomi berdiri kokoh untuk ponsel segmen mid-range atau kelas menengah dengan rentang harga 200-400 dolar AS atau sekitar Rp 2,8-5,7 jutaan.

Baca juga: Pria di Jambi Tilap Uang Perusahaan Ratusan Juta karena Kecanduan Judi Online

Di posisi ke-4 ada Samsung yang belum beranjak dari sebelumnya. IDC menyebut Samsung mengalami penurunan penjualan karena penutupan toko ritel dari kebijakan lockdown atau PPKM.

Akan tetapi, IDC mengklaim kalau ponsel layar lipat Samsung (Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3) diterima sangat baik di pasar Indonesia.

Sementara peringkat ke-5 tetap ditempati Realme. Perusahaan asal China ini mampu menjaga stok ponsel lewat prosesor baru di seri Realme C.

Sayang IDC tidak mencantumkan persentase market share masing-masing brand ponsel. Jika dilihat dari grafiknya, Oppo dan Vivo mencapai lebih dari 20 persen dengan perbedaan tipis.

Berikut daftar smartphone terlaris di Indonesia selama Q3 2021 menurut IDC:

Oppo
Vivo
Xiaomi
Samsung
Realme
Merek lain

Editor Riky Serampas
Sumber Suara.com