Kunjungi Candi Tuo Sumay Tebo, Al Haris: Umurnya Sama dengan Candi Muarojambi

Pariwarajambi.com – Gubernur Jambi, Al Haris melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tebo, Sabtu (06/08/2022). Di bumi seentak galah serengkuh dayung, Al Haris bersama Pj Bupati Tebo Aspan mengunjungi candi Tuo Sumay di Kecamatan Sumay.

Setelah melakukan peninjauan dan melihat situs Candi Tuo Sumay, Al Haris mengatakan bahwa Candi Tuo Sumay itu usianya sama dengan candi Muaro Jambi.

“Kita lihat bahwa selain candi Muaro Jambi, ada candi Tuo Sumay ini. Usia candi ini juga sama dengan candi Muaro Jambi abad ke 7,” kata Al Haris.

Candi Muaro Jambi, disebut Al Haris sudah mendapat dana dan desain dari pemerintah pusat untuk pemugarannya. “Candi Muaro Jambi sudah dapat dana dari pusat untuk pemugarannya, anggarannya Rp 1,4 T,” sebutnya.

Al Haris berhadap ada sejarah Candi Muaro Jambi dengan candi Tuo Sumai sehingga nanti juga menjadi tujuan wisata religi.

“Kita harap ada history sejarah candi Muaro Jambi dengan candi tuo Sumay ini karena mereka ada di peradaban yang sama, nanti kalau ini kita pugar ada wisata religi dari candi Muaro Jambi naik ke sungai Batanghari langsung ke candi Sumay,” sebutnya.(*)

Komentar