Gubernur Jambi Al Haris Buka Pendidikan Kader Da’i

Pariwarajambi.com – Gubernur Jambi, Al Haris hadiri dan membuka secara resmi Pendidikan Kader Da’i (PKD) tahap II Majelis Penceramah Indonesia (MPI) Jambi di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jambi, Rabu (24/05/2023).

Gubernur Jambi, Al Haris sangat mengapresiasi gebrakan MPI yang kembali mengadakan pendidikan kader da’i. PKD disebut Al Haris sangat penting untuk melatih da’i-da’i Jambi yang mempunyai standar untuk tampil ceramah di tengah masyarakat.

“MPI membuat gebrakan yang luar biasa mengadakan pelatihan da’i, tidak mudah mencetak dai, ada proses, ada kemauan, kerja ikhlas. Niatkan kita menjadi da’i karena Allah SWT, jangan niatkan da’i adalah sebuah pekerjaan,” kata Al Haris.

Gubernur Jambi Al Haris melanjutkan bahwa dakwah itu tidak hanya terkait perkataan, tapi juga sikap dan perilaku seorang da’i menjadi cerminan bagi masyarakat.

“Oleh karenanya penceramah itu harus ikhlas, harus mau berbagi ilmu, dan menambah ilmu karena metode ceramah juga terus berubah. Penampilan atau performance juga modal awal untuk meyakinkan orang untuk yakin dengan kita,” ujarnya.

“Intonasi juga penting agar orang tertarik mendegar ceramah kita, kata atau kosakata yang jelas. Kita ini menjadi perhatian orang, jadi publik figur, jadi apa yang kita sampaikan harus juga menjadi cerminan diri kita, kita jadi tauladan bagi masyarakat,” tambahnya lagi.

Al Haris berharap PKD tersebut dapat diikuti dengan baik oleh peserta dan apa yang didapat bisa menjadi standar dalam memberikan ceramah kepada masyarakat.

“Jadi penceramah ini juga berat karena apa yang kita sampaikan menjadi hukum ditengah masyarakat, kalau salah yang kita sampaikan dan diikuti masyarakat, itu menjadi dosa bagi kita,” sebutnya.

Sementara itu Ketua MPI Jambi, Ahmad Jalalludin menyampaikan PKD tahapan II tersebut diikuti 35 orang peserta. MPI Jambi, lanjut Ahmad Jalalludin sangat memberikan apresiasi kepada Gubernur Jambi Al Haris yang selalu mendukung penuh kegiatan yang diselenggarakan MPI.

“Dua kali kita menyelenggarakan acara ini beliau (Gubernur Jambi Al Haris) selalu hadir dan mendukung penuh acara kita. Kita doakan beliau sehat, semangat dan mudahan selalu bisa memimpin provinsi Jambi. Kita penceramah ini butuh dukungan penuh dan support dan beliau selalu memberikan dukungan,” katanya.(rky)

Komentar