Messi, Haaland dan Mbappe Kembali Bersaing untuk Pemain Terbaik FIFA

Pariwarajambi.com – Setelah Ballon d’Or 2023 yang dimenangi Lionel Messi. Erling Haaland, Kylian Mbappe, dan Lionel Messi kembali bersaing untum pemain terbaik FIFA 2023.

Nama mereka masuk tiga besar nominasi pemain terbaik FIFA 2023 mengalahkan sembilan nama lain yang sebelumnya masuk nominasi awal, yakni Declan Rice, Bernardo Silva, Ilkay Guendogan, Julian Alvarez, Khvicha Kvaratskhelia, Kevin De Bruyne, Marcelo Brozovic, Rodri, dan Victor Osimhen.

Baca juga: Lionel Messi Menangi Ballon d’Or 2023. Bola Emas ke-8

Penilaian dilakukan via voting dari empat kategori berbeda, yakni pelatih timnas, kapten timnas, jurnalis, dan para penggemar yang memilih lewat situs resmi FIFA. Masing-masing kategori memiliki bobot seimbang, yakni 25 persen.

Setiap pemberi suara wajib memilih nama tiga besar. Dari situ, poin akan diberikan. Lima untuk pilihan pertama, tiga untuk pilihan kedua, dan satu poin untuk pilihan ketiga. Hasilnya, Haaland, Mbappe, dan Messi memiliki poin yang paling banyak.

Nama pemenang akan diumumkan dalam The Best FIFA Football Awards yang akan digelar di London pada 15 Januari mendatang. Melihat sekilas, susunan tiga besar tampak ideal, mirip dengan Ballon d’Or 2023.

Haaland meraih treble di musim lalu bersama Manchester City. Sedangkan Mbappe hanya meraih gelar Liga Prancis di musim lalu bersama Paris Saint-Germain. Sementara Messi sedikit lebih baik dari Mbappe. Selain trofi Ligue 1, ia juga memenangi Leagues Cup bersama Inter Miami.

Tak cuma kategori pria, Pemain Terbaik FIFA 2023 juga akan diberikan untuk pesepakbola wanita. Nominasi tiga besarnya adalah Aitana Bonmati yang merupakan pemenang Ballon d’Or Feminin 2023, lalu ada bintang Real Madrid Linda Caicedo dan juara dunia Jennifer Hermoso yang bermain di Pachuca.(*/)

Komentar