Seminar Penguatan Kapasitas Peneliti Pusrisdik BRIN melalui Mentoring Penulisan Publikasi Internasional

Yogyakarta – Kamis (14 Desember 2023), Peneliti Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (Pusrisdik BRIN) yang berada di Yogyakarta menginisiasi dan menyelenggarakan kegiatan Tutorial dan Mentoring bagi para peneliti di lingkungan Pusat Riset Pendidikan di Co-Working Space (CWS) BRIN kawasan Mlati Yogyakarta dengan dipandu oleh Dr. Janu Arlinwibowo, Peneliti Pusat Riset Pendidikan BRIN.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Hastangka, peneliti Pusat Riset Pendidikan BRIN melalui hybrid. Tujuan dari kegiatan ini dilakukan sebagai proses dialektika dan komunikasi riset antar peneliti untuk membangun ekosistem riset dalam meningkatkan kapasitas peneliti di Pusat Riset Pendidikan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

“Penelitian tentang pendidikan yang diarahkan untuk publikasi internasional dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari penentuan metodologi yang dapat dipertanggung jawab, isu isu yang berdampak pada konteks global meskipun isu isu diambil dari lokalitas, dan tema-tema riset yang berkaitan dengan focus dan scope lembaga publikasi yang dirujuk”, Ungkap Dr Janu Arlin Wibowo.

Dr. Hastangka, memberikan pengantar dalam kegiatan mentoring penulisan publikasi internasional selama ini yang menjadi perhatian dari peneliti ketika hendak mengkomunikasikan hasil risetnya masih mengalami kendala dan kesulitan dalam publikasinya.

Kesulitan dan kendala ini secara umum terjadi karena faktor internal dan eksternal untuk itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan kapasitas peneliti dalam mengkomunikasikan hasil risetnya melalui lembaga publikasi dalam bentuk jurnal yang tepat sesuai dengan focus dan scope, dan kridibel. Dengan adanya kegiatan mentoring ini dapat mendorong para peneliti untuk terus menerus meningkatkan kapasitasnya dalam mengkomunikasikan hasil riset dan mempublikasikan pada jurnal internasional.

Hasil dari mentoring Publikasi Internasional tersebut adalah diharapkan para peneliti yang telah mengikuti diharapkan para peneliti bisa lebih produktif dalam melakukan penulisan untuk artikel publikasi pada jurnal internasional selanjutnya.(*)

Komentar