Merangin Miliki Aplikasi Si Semah: Aplikasi Informasi Stok dan Harga Ikan

Pariwarajambi.com – Guna mendapatkan informasi yang akurat atas ketersediaan ikan dan harganya, Pj Bupati Merangin Mukti melaunching aplikasi SI SEMAH (Sistem Informasi Sinergi Ekonomi Merangin Antisipasi perkembangan Harga), Rabu (20/12/2023).

Aplikasi yang dilaunching di Ruang pola utama kantor lama bupati Merangin tersebut, merupakan salah satu strategi Pemkab Merangin sebagai penyediaan informasi bakaitan dengan fenomena yang menyumbangkan inflasi melalui ketersediaan ikan dan harganya.

”Website ini dapat digunakan sebagai informasi ketersediaan ikan yang akurat kepada pelaku pasar dan nelayan, pengepul ikan dan konsumen, sehingga mereka jadi tahu tentang kondisi perikanan di Merangin,’’ ujar Pj Bupati.

Website SI SEMAH Kabupaten Merangin lanjut Mukti upaya Pemkab Merangin dalam mencegah inflasi daerah. Dimana kegiatan penelitian pengembangan perikanan berorientasi terhadap pengendalian inflasi Kabupaten Merangin tahun anggaran 2023.

“Hal ini merupakan kegiatan isentif fiskal yang termuat di dalam Permenkeu RI nomor 067 tahun 2023” terang Pj Bupati.

Melalui website tersebut, harga ikan menjadi transparan, sehingga meningkatkan efisiensi pasar dan kesejahteraan masyarakat. Penyiapan SI SEMAH merupakan upaya tindaklanjut dari presiden RI tanggal 17 Agustus 2023 dalam rapat koordinasi Pusat dan daerah.

Tampak hadir pada launching tersebut, Asisten II Setda Merangin Suherman, Kepala Balitbang Dedi Darmantias, staf Ahli Bupati Zainal Abidin dan Ketua Komisi III DPRD Merangin As’ari Elwakas.

Hadir juga Kadis Perikanan Kabupaten Merangin Irsadi, Kepala Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Merangin, Ketua Penelitian LPPM Universitas Jambi, Tim IT Universitas Jambi, Kelompok Tani dan Para PPL Kabupaten Merangin.(*)

Komentar