Terima Kasih Guru Ngaji dan Pengawai Syara’ Pada Gubernur Jambi Al Haris. Umroh Gratis dan Pelayanan Memuaskan

Pariwarajambi.com, MEKKAH – Sebanyak 100 guru ngaji dan pegawai Syara’ diberangkatkan Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan ibadah umroh di Mekkah dan Madinah, Arab Saudi. Mereka dari berbagai Kabupaten dan Kota di bumi sepucuk Jambi sembilan lurah berangkat umroh dengan program Dumisake Gubernur Jambi, Al Haris.

Rasa syukur dan terima kasih disampaikan para guru ngaji dan pegawai Syara’ kepada Gubernur Jambi Al Haris dan Wakil Gubernur Abdullah Sani yang telah memberikan apresiasi kepada mereka.

Berbagai pengalaman disampaikan guru ngaji dan pegawai Syara’ mulai dari awal ia dikabarkan ikut berangkat umroh gratis melalui program Dumisake Gubernur Jambi, hingga perjalanan suci yang memuaskan di Kota Mekkah.

Dari 100 pegawai ngaji dan pegawai Syara’, sebanyak 30 orang berangkat bersama travel Lightwater. Sebanyak 30 orang jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi yang berangkat bersama Lightwater, berangkat dari Jambi tanggal 16 Desember dan sampai di Mekkah 17 Desember 2023.

Keberangkatan 30 jamaah bersama Lightwater ini dilepas langsung oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani di auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (16/12/2023). Dan juga olek Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Haris.

Terima Kasih Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Al Haris dan Abdullah Sani

Para guru ngaji dan pegawai Syara’ mengaku awalnya sempat tidak percaya mendapat kabar jika nama mereka masuk dalam daftar berangkat umroh gratis program Dumisake Gubernur Jambi, Al Haris. Apa lagi banyak diantara mereka belum siap berangkat umroh mandiri karena faktor biaya.

“Alhamdulillah” kalimat yang paling sering dilontarkan para jamaah umroh sepanjang perjalanan dari Jambi hingga sampai di tanah suci Mekkah.

Rasa senang dan haru tentu terlihat dari raut wajah para jamaah, apa lagi mayoritas diantara mereka tidak pernah menyangka akan berangkat umroh di tahun ini.

Bahkan disaat awal diberi kabar mereka masuk dalam daftar jamaah yang berangkat umroh tahun ini, banyak diantara mereka yang tidak percaya.

Seperti diceritakan jamaah asal Kabupaten Kerinci, Mat Wardi Yatim. Pegawai syarak Desa Pondok Beringin, Kecamatan Tanah Cogok, Kabupaten Kerinci itu mengaku awalnya sempat tidak percaya dengan kabar dirinya mendapat umroh gratis program Dumisake Gubernur Jambi Al Haris.

“Yo, awalnya dapat kabar dari keluarga, sempat tidak percaya, karena selama ini tidak ada program umroh gratis. Barulah banyak yang ngabari dan ditelpon pihak travel Lightwater untuk bikin paspor, barulah kami percaya sepenuhnya,” kata pria 63 tahun itu saat perjalanan dari Jakarta ke Jeddah.

Oleh karena itu, ia sangat berterima kasih kepada Gubernur Jambi Al Haris yang sudah membuat program umroh untuk guru ngaji dan pegawai syara’, sehingga beribadah di tanah suci yang selama ini hanya angan-angan kini benar-benar nyata ia lakukan.

“Tentunya sangat senang, siapa yang tidak mendambakan umroh ke Mekkah, tapi karena banyak hal terutama faktor biaya membuat cita-cita itu tidak kesampaian. Alhamdulillah dengan program pak Gubernur Al Haris, doa-doa kami di kabulkan Allah. Kami sangat berterima kasih nian dengan Pak Gubernur Haris,” katanya.

Senada juga dikatakan Almazir Muhtar Azan, warga Paling Serumpun, Kecamatan Hamparan Rawang, Koto Sungai Penuh. Dia menceritakan dapat kabar namanya masuk daftar berangkat umroh program Dumisake Gubernur Jambi dari pemerintahan desanya.

Disebutnya kabar itu sangat mengejutkan, apa lagi diminta persiapan dengan waktu yang singkat untuk mengurus Pasport. “Kita tidak duga, sama sekali tidak menduga, apa lagi ini dalam waktu singkat, kalau niat umroh pasti ada sejak lama, ya karena terkendala faktor keuangan juga, Alhamdulillah kini sudah langsung dapat beribadah di depan Kakbah. Terima kasih Pak Gubernur,” ujarnya.

Rasa haru juga dirasakan, Marwan pegawai Syara’ dan guru ngaji Desa Bukit, Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun. Ia bercerita tidak hanya dirinya yang terharu dengan namanya masuk dalam daftar umroh program Dumisake Gubernur Jambi, tapi juga keluarga besarnya.

“Anak-anak nangis (terharu) tidak nyangko Sayo bisa berangkat, awalnya raso-raso dak percayo, sampai la akhirnya disuruh bikin pasport itu baru yakin kalau memang berangkat ke Mekkah. Alhamdulillah, terima kasih Pak Gubernur sudah sangat perhatian dengan kami-kami ini (Guru ngaji dan pegawai Syara’),” katanya.

Kebersamaan jamaah umroh program Dumisake bersama Lightwater. Foto: Riky Serampas/Pariwarajambi

Lightwater Bawa Jamaah Ziarah, City Tour Kota Mekkah dan City Tour Thaif

Tiba di Mekkah tanggal 17 Desember 2023.  Rombongan jamaah dalam perjalanan dari King Abdulaziz International Airport menuju kota Mekkah langsung Miqat umroh. Setibanya di Kota Mekkah, jamaah istirahat sejenak dan makan di hotel, setelah itu jamaah langsung dibimbing muthawif berpengalaman yang disiapkan Lightwater menuju Masjidilharam untuk melaksanakan ibadah umroh.

Keberadaan hotel yang disiapkan Lightwater dekat dengan Masjidilharam benar-benar disyukuri para jamaah. Ini membuat jamaah mudah melaksanakan ibadah langsung di depan Kakbah, baik sholat wajib maupun sholat Sunnah.

Tidak hanya melaksanakan umroh dan ibadah di depan Kakbah, jamaah juga dibawa Lightwater ziarah jejak-jejak Nabi Muhammad SAW dan tour di Kota Mekkah.

Jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi Al Haris di Jabal Tsur. Foto: Riky Serampas/Pariwarajambi

Ziarah ini diawali dengan jamaah mengunjungi Jabal Tsur, sebuah bukit yang memiliki nilai sejarah dan religius yang penting dalam Islam. Bukit ini menjadi tempat perlindungan bagi Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar ash-Shiddiq saat mereka melarikan diri dari Mekah dalam peristiwa hijrah pada tahun 622 Masehi.

Selanjutnya jamaah juga melintasi Mina, Jabal Nur dan ke Jabal Rahmah. Di Jabal Rahmah atau gunung kasih sayang yang dipercaya menjadi lokasi bertemunya Adam dan Hawa setelah tobat mereka diterima itu, jamaah banyak sampai di monumen cinta untuk ‘ngalap berkah’ yang berada di puncak Jabal Rahmah.

Jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi di Jabal Rahmah. Foto: Riky Serampas/Pariwarajambi

Jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi Al Haris selama di Kota Mekkah, juga dibawa Lightwater City Tour Thaif atau zairoh Kota Thaif.

Thaif merupakan salah satu kota yang memiliki hawa sejuk, karena berada di lembah pegunungan Asir dan penunungan Al Hada. Kota yang terletak sekitar 67 kilometer dari Kota Makkah Al Mukarramah ini terkenal dengan perkebunan daerah yang subur.

Kota Thaif juga menyimpan sejarah perkembangan penyebaran agama Islam dan sejarah kehidupan Rasulullah SAW. Di kota inilah Rasulullah SAW pertama kali mendapat tantangan, cemoohan, pengusiran bahkan sempat dilempari batu oleh kabilah Tsaqif, kabilah terbesar di kota Thaif.

Usai dari kota Thaif menuju perjalanan ke Kota Mekkah jamaah langsung mengambil Miqot untuk melaksanakan umroh ke dua. Total jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi Al Haris berada di Kota Mekkah selama enam hari terhitung hari kedatangan dan berangkat menuju Kota Madinah pada Jumat 22 Desember 2023.

Pelayanan Memuaskan dari Lightwater

Tentu satu hal lagi yang disyukuri jamaah umroh Program Dumisake Gubernur Jambi adalah pelayanan yang diberikan travel Lightwater, salah satunya keberadaan hotel yang tidak jauh dari Masjidilharam.

Keberangkatan 30 jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi yang dibawa Lightwater ini dipimpin langsung oleh Komisaris PT Lightwater Andri Noferi atau yang akrab disapa Ferry.

“Kita selalu dampingi langsung jamaah, tujuan supaya jika ada kendala terhadap jamaah selama umroh kita bisa langsung melakukan tindakan,” kata Ferry.

Di Kota Mekkah jamaah selama lima malam nginap di Elaf Al Mashaer Hotel. Hotel bintang empat itu lokasinya sangat dekat dengan Masjidilharam. Keberadaan hotel yang berjarak sekira kurang lebih 300 meter itu membuat jamaah leluasa untuk melaksanakan ibadah di depan Kakbah, baik sholat wajib maupun sholat Sunnah.

Selain keberadaan hotel yang dekat dengan Masjidilharam, Lightwater dengan dua muthawif berpengalaman yakni Ustadz Imam Safiih dan Rohmi Saputra (Mahasiswa tingkat akhir Universitas Al-Azhar Mesir), pembimbing jamaah Ustadz Yosef Tatang Syahbana dan Komisaris PT Lightwater Ferry juga membantu jamaah, hingga sampai langsung di Kakbah, sholat di Hijir Ismal dan rukun Yamani.

Pelayanan Lightwater ini sangat dirasakan para jamaah mulai dari keberangkatan dari tanah air, keberadaan hotel dekat dengan Masjidilharam, hingga program ziarah atau city tour.

Seperti dikatakan M Syafi’i Nasution, guru ngaji di Tanjung Pauh Mudik, Kecamatan Danau Kerinci Barat, Kabupaten Kerinci ini sangat mensyukuri dirinya termasuk dalam salah satu jamaah umroh gratis program Dumisake Gubernur Jambi, Al Haris.

Keberadaan hotel tidak jauh dari Masjidilharam yang disiapkan Lightwater, disebut M Syafi’i Nasution sangatlah membantu para jamaah, terlebih terhadap mayoritas jamaah yang sudah lanjut usia.

“Tentunya kami sangat berterima kasih pada Pak Gubernur Jambi, kami sangat bahagia sudah sampai di Mekkah, yang tidak kami sangka. Alhamdulillah kita juga sangat terbantu dengan jarak hotel yang dekat dengan Masjidilharam, sehingga kita-kita yang berumur ini bisa kapan saja beribadah depan Kakbah,” katanya.

Senada juga rasakan Afifudin pegawai Syara’ yang beralamatkan di Kelurahan Pasar Pamenang, Kabupaten Merangin, ia mengaku cukup puas dengan perjalanan umrohnya ini. Apa lagi, sebutnya pihak travel Lightwater selalu melakukan bimbingan dan pendampingan sehingga sangat memudahkan jamaah untuk melakukan ibadah.

“Selain jarak hotel yang dekat dengan Masjidilharam, jamaah juga dibantu untuk sampai langsung ke Kakbah, sholat di Hijir Ismal dan rukun Yamani. Kalau kita sendirian dan fisik tidak kuat sangat susah untuk sampai ketempat itu, karena harus berdesakan dengan ribuan jamaah lain yang besar tinggi. Alhamdulillah kita sampai semua disitu berkat pendampingan dari pihak travel,” katanya.

Hamdani Hamidi guru ngaji di Koto Baru, Kecamatan Air Hangat, Kabupaten Kerinci, juga mengungkapkan pelayanan travel Lightwater memberikan kemudahan bagi para jamaah untuk melaksanakan ibadah.

“Alhamdulillah kita diberikan kemudahan melaksanakan ibadah. Makanan juga enak, kamar tidur bagus, kamar mandi bagus juga, kita dapat ziarah, dan jalan-jalan juga di Mekkah,” ungkapnya.

Tentunya kepada Bapak Gubernur Jambi Al Haris berkat programnya ini para guru ngaji dan pegawai Syara’ dapat beribadah di depan Kakbah.

“Terima kasih Pak Gubernur, Pak Al Haris, Alhamdulillah saya biso umroh, Sayo jugo selalu doa supaya Pak Haris diberikan kesehatan dan sukses memimpin Jambi,” tambah Hamdani lagi.

(Berlasambung jamaah umroh di Madinah…

Jamaah umroh program Dumisake Gubernur Jambi di dekat Kakbah. Foto: Riky Serampas/Pariwarajambi

Informasi umrah Lightwater

Untuk mendapatkan informasi tentang umrah Lightwater dapat menghubungi

• 0813 7806 1188
• 0812 7528 8363
• 0761-888071
• 0746-323320

Atau dapat langsung datang ke kantor Ligthwater dengan alamat:

• Kantor Lightwater di Bangko beralamatkan di jalan lintas Sumatera Km 01 tepatnya diujung jembatan sungai Merangin.

• Kantor Lightwater di Bungo beralamatkan di Jl Laisa (Depan PO Restu Ibu) Pasar Muaro Bungo.

• Kantor di Kota Jambi berlamatkan di Thehok dekat tugu Adipura Kota Jambi• Kantor di Kota Pekanbaru beralamatkan di Jl Mangga Besar III Tenayan Raya.

• Kantor di Sulawesi Selatan beralamatkan di Jl Poros Makassar Maros Km 02 Mandai, Kabupaten Baros

Komentar