11 Daerah di Jambi dapat Bantuan Dana Siap Pakai Penanganan Darurat Bencana dari BNPB

Pariwarajambi.com – Pemerintah daerah dan stekholder terkait di Provinsi Jambi menerima dana siap pakai, peralatan hingga logistik penanggulangan bencana dari BNPB.

Dana siap pakai ini diserahkan kepada 11 pemerintah kabupaten dan kota, Korem 042/Gapu dan Polda Jambi.

Dukungan operasional penanganan darurat bencana banjir dan longsor itu langsung diserahkan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Mayjen TNI Fajar Setyawan pada Kamis (25/1/2024) di Auditorium rumah dinas Gubernur Jambi.

Baca juga: 576 Desa di Provinsi Jambi Terdampak Banjir Januari 2024

Mayjen TNI Fajar mengatakan selain bantuan dana, dirinya juga memberi bantuan logistik dan peralatan sebagai tambahan kebutuhan dasar dalam penanggulan bencana banjir.

“Dana siap pakai masing-masing menerima Rp250 juta. Peruntukannya untuk kepentingan operasional petugas dan juga kepentingan mendasar untuk masyarakat yang terdampak bencana. Masyarakat bisa lebih diperhatikan dan tidak lama-lama menderita,” katanya.

Baca juga: Gubernur Jambi Al Haris Ingin Persoalan Batubara Tuntas Permanen

Dia menyampaikan pemerintah pusat tetap mendukung walaupun secara bertahap. Seperti bantuan melalui program rehab rekon.

“Untuk perbaikan rumah, infrastruktur seperti jembatan dan fasilitas lainnya, nanti ada program rehab rekon,” ungkapnya.

Program rehab rekon saat ini masih dalam proses verifikasi. Sedang dilakukan pengumpulan data dari dinas terkait yang nantinya akan diverifikasi oleh BNPB. Setelahnya akan usulkan ke Kemenkeu.

“Bisa tahun ini bagi yang urgent seperti ada jembatan yang putus sifatnya segera itu bisa dilakukan,”

“Saya juga akan ke lokasi untuk meninjau ke lapangan seperti apa masyarakat yang terdampak sehingga kita bisa membuat rencana apa yang harus dikerjakan berikutnya setelah penanganan darurat,” pungkasnya.(*)

Komentar