Sungai Merangin Meluap, Rendam Pemukiman Warga di Sepanjang Pinggir Sungai

Pariwarajambi.com – Sungai Batang Merangin meluap setelah hujan dengan intensitas tinggi di sejumlah wilayah Kabupaten Merangin. Jum’at (12/01/2024) pagi.

Di Kecamatan Bangko dan Bangko Barat, beberapa desa terendam banjir luapan sungai batang Merangin.

Di Desa Kungkai Kecamatan Bangko, luapan sungai batang Merangin tak hanya merendam puluhan rumah warga, satu buah jembatan gantung putus karena tak kuat menahan arus banjir.

Hingga saat ini sungai masih terus meluap dan perlahan merendam ruamah warga Kungkai.

Tampaknya puluhan warga mulai mengungsi dan menyelamatkan peralatan rumah dan barang barang berharga kerumah karabatnya.

“Sungai Merangin masih naik (meluap, red), jembatan gantung putus , banyak rumah warga dusun bawah terendam banjir,” kata Irul warga setempat.

Setelah putus dan terendam sungai batang Merangin, karena tak kuat menahan beban tiang jembatan gantung pun ikut ambruk dan terbawa derasnya arus.

Informasi luapan sungai Merangin juga mengenai pemukiman warga di Desa Biuku Tanjung, Kecamatan Bangko Barat.

Tingginya debit air sungai Merangin ini juga sampai mengenangi kawasan ujung Tanjung Kota Bangko, bahkan sampai dikawasan yang sebelumnya tidak tersentuh air.

“Biasanya kalau sungai Merangin naik tidak sampai ke cafe Mlagun di Ujung Tanjung, kali ini sampai ke cafe,” ujar Supmedi.

Menurut informasi, banjir terparah kali ini juga merendam sejumlah kecamatan lainnya dalam Kabupaten Merangin.(rky)

 

Komentar